Posted by : Muhammad Iqbhal Sabtu, 18 Januari 2014


“Hujan-hujan pergilah, datang lagi lain hati..” - Cover OST. Dora The Exkolor

Hujan merupakan keadaan dimana orang-orang menjadi ribet. Gimana nggak, dimulai dari ibu-ibu yang panik ekstra kalau tiba-tiba hujan datang, yang tadinya lagi ngegosipin Justin Bieber pensiun eh tiba-tiba ngibrit karna inget kalau jemuran dirumahnya yang takut kena air hujan. Bapak-bapak yang lagi dijalan buru-buru menuju kantor tiba-tiba harus menepi menunggu hujan berhenti. 

Tapi dari sekian banyak yang KONTRA terhadap hujan, ada juga yang PRO. Yap, Anak-anak. Hujan bukan penghalang dari aktivitas sehari-hari mereka, karna mereka nggak punya beban dan tanggung jawab dengan apapun di dalam diri mereka. Yang menjadi prioritas mereka adalah bisa menikmati hidup dengan kesenangan dan teman-teman. Saat mereka sedang bermain bola di lapangan dan tiba-tiba hujan turun, tapi dengan itu malah membuat mereka semakin semangat bermain, ketawa-ketawa karna basah-basahan, buka baju, mentertawakan temannya yang terpeleset, sampai mentertawakan temannya yang tersambar petir :(

Tapi sekarang gue bukan cerita tentang anak-anak, gue mau membahas tentang hal-hal yang terjadi di musim hujan. Cekibrot!


1.Banjir

Banjir itu termasuk bencana alam, bencana alam? Berarti serius dong? Iya serius, masa serius aja.. krik... krik... krik...

Katanya banjir itu terjadi di dataran rendah, yang tingginya nggak jauh dari permukaan laut. Tapi menurut gue banjir itu terjadi karna suatu daerah tersebut nggak ada resapan air/drainase, kurang resapan air, atau resapan airnya tersumbat oleh batu, lumpur, sampah, mantan

Puncak banjir tertinggi biasanya terjadi pada musim hujan (yaiyalah masa musim gugur), Tepatnya  pada Bulan Januari – Februari. Pada waktu itu curah hujan tinggi, seharian di selimuti oleh awan(mendung), dan selalu gerimis (diluar rumah dan dihati). 

Rakyat Indonesia merupakan rakyat cinta banjir. Ibukotanya aja sering banjir, gimana daerah lainnya?


Banjir di Ibukota ini sekarang udah seperti menjadi peliharaan untuk bahan kampanye caleg/pemerintah/gubernur untuk mendapat suara dari masyarakat, dimulai dari tahun 1900-an banyak janji pemerintah untuk mengatasi banjir di ibukota, tapi hasilnya belum 100%. Ibukota kan menjadi pusat pemerintahan, jadi kalau banjir terjadi di ibukota, aktivitas pemerintahan pun otomatis akan tersendat dan negara bisa mengalami banyak kerugian. 

Kalau kata guru Kung-FU gue sih solusinya dimulai dari diri kita sendiri, jangan membuang sampah sembarangan, seperti di jalan, selokan, dan sungai. Kalau kata gue sih, kalau lo buang sampah ke tempatnya aja susah, apalagi buang masalah dikemudian hari. Maksudnya lakuin hal positif kecil dulu dalam hidup, baru merasakan efek positifnya yang besar :D

Jadi intinya banjir bukan suatu hal aneh di musim hujan. Dan banjir udah jadi pribahasa, Ada hujan pasti ada banjir.

Selain banjir, dimusim hujan juga.....

2.Jemuran Gak Kering-Kering


Ini bukan hal aneh lagi buat para cewek dan ibu-ibu, mencuci merupakan kerja part-time cewek-ibu rumah tangga, kalau nggak bisa nyuci berarti lo bukan cewek. Loh? Iya cewek itu harus bisa nyuci kalau nyuci baju aja nggak bisa, gimana nyuci perasaan pasangan, yang ada perasaan pasangannya selalu kotor, dekil, terus pindah deh ke lain hati buat di cuciin #DEG!

Kalau musim hujan, cucian alias jemuran dirumah lama banget keringnya, karna nggak ada sinar matahari. Terus bisa juga jadi bau apek karna lembab. Jadi para jemuran-ers (sebutan fans jemuran) harus memutar otak agar jemurannya kering di musim hujan,

Oke ini maksa..

3.Jalanan Bebas dari Motor

Eh masih ada motornya.. coba hujannya digedein dikit..

Eh masih ada juga.. gedein dikit lagi deh..

Ah masih ada juga ternyata.. udah ah bete :-|

4.Bebas pacaran


Pacaran dimotor bukan hal yang aneh lagi bagi para remaja di Indonesia, karna motto pacaran jaman sekarang itu adalah Nggak pacaran = nggak punya motor. Motor bukan lagi kendaraan yang dibutuhkan untuk berpergian ke sekolah, kampus, atau kantor aja, tapi bisa menjadi wahana para kaum berasmara menjalin cinta. 

Tapi saat musim hujan datang, para kaum asmara ini di uji seberapa keseriusannya. Ada yang biasanya jalan setiap hari tapi karena musim hujan jadi jalan kali-kali -_-

Suatu sore hari Markonah menelfon pacarnya, Endoy.  Untuk meminta ditemani ke toko buku saat hujan.

Markonah: “Sayang, anterin aku ke toko buku yuk, aku harus beli buku buat tugas besok, penting.” 

Endoy: “Aduh, tapi hujan sayang emang nggak bisa besok aja yah kalau nggak hujan?”

Markonah: “Enggak bisa, harus hari ini aku beli bukunya, kamu kan punya ‘jas ujan ojek’ pake itu aja yuk..”

Endoy: “Tapi nanti kamu kebasahan, nanti kamu sakit, bla.. bla.. bla..”

Markonah: ”Tapi ini penting, yauda kalau gitu aku pergi sendiri aja.” 

Tiba-tiba Markonah menutup telfonnya dan pergi ke toko buku sendiri dengan mengendarai naga yang berada di luar rumahnya. 

*tamat*
5.Ngantuk

Ngantuk? Yauda tidur aja. Nggak usah curhat, ngetweet, apalagi update status.

6.Laper

Saat musim hujan hormon Ghrelin (hormon pemicu rasa lapar) menjadi naik dan kita selalu merasakan lapar padahal sudah makan berkali-kali. Tapi hati-hati jangan terlalu berlebihan, karna nggak baik untuk kesehatan. Makan secukupnya dan lebih baik banyak ngemil makanan ringan daripada makan hati. #Ups

7.Kendaraan kotor


Musim hujan bagaikan rezeki nomplok bagi para usaha pencuci motor dan mobil. Setiap hari kebanjiran klien. Keuntungannya pun ada yang sampai ratusan juta rupiah per-musim (hujan).

Tapi kalau kita tau sedang musim hujan sebaiknya mencuci kendaraan setiap seminggu sekali, saat hari libur sekolah, kuliah, atau kerja. Dan lebih baik mencuci sendiri ya supaya bisa menghemat biaya dan bersih sesuai keinginan. #CeramahinDiriSendiri

8.Rentan Penyakit

-Flu
-Demam
-Batuk
-Pilek
-Diare
-Demam berdarah
-Kutu air
-Infeksi jamur
-Sakit Hati
-Galau
-Gagal Move On
Dan masih banyak lagi.

Intinya selalu jaga kesehatan saat musim hujan, karna daya tahan tubuh bisa menurun kalau cepat kelelahan. Tetap makan-makanan yang sehat, tepat waktu, olahraga minimal setengah jam setiap hari, dan tidur secukupnya.

Sekian posting dari gue, mudah-mudahan di musim penghujan ini kita bisa menjaga diri kita terutama dari penyakit dan jangan cari penyakit.


Hujan merupakan berkah, jangan protes kalau dingin lebih baik daripada panas, kalau air lebih baik daripada api.


Wassalam :)

Leave a Reply

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -