Posted by : Muhammad Iqbhal Sabtu, 21 Juni 2014

#IdolkuCantik - Ketika Dilema Datang Untuk Memilih Sesuatu Yang Kita "Kagumi" Atau Sesuatu Yang Kita "Cintai"
by Dimas Abi (@dimasabiaufan)
[Book Review]

Kemarin gue nemu satu buku di Gramedia Botani, Bogor yang buat gue flash-back sama masa lalu gue. Bukan, bukan masa lalu gue yang pernah ngasih balsem ke pantat temen gue pas dia lagi ulang tahun. Tapi lebih tepatnya saat gue masih SMA, ada temen gue yang bully dengan sebutan "Badan Rambo. Hati Romeo. Eh, Kelakuan Homo". Saat gue jalan-jalan menyusuri rak buku bagian novel, gue spontan menemukan salah satu buku dengan tagline "Dilema si Tampang Rambo, Hati Lee Min Ho."

Mungkin saat itu gue berfikiran novel dengan judul buku IDOLKU CANTIK itu bisa buat gue bernostalgia dengan isi ceritanya dengan semasa SMA gue yang penuh dengan pembully-an.



IDOLKU CANTIK
"Dilema si Tampang Rambo, Hati Lee Min Ho"

Penulis: Dimas Abi
Editor: Ry Azzura & Bernard Batubara
Proofreader: Sulung S. Hanum
Penata Letak: Irene Yunita & Erina Puspitasari
Desain Sampul: Gita Mariana 
Ilustrasi: Kisy Kumala Sari
Penerbit: BUKUNE
Jumlah Halaman: 232 
ISBN 602-220-123-3
Genre: Novel Komedi
Harga: Rp. 40.000

Didalam buku ini bercerita tentang seorang penggemar K-Pop sejati, terutama pada girlband SNSD. Gue juga. Namanya adalah Kiko. Iya Kiko, K-I-K-O, merk es stick panjang yang warna-warni itu. Kiko sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa sekaligus sebagai pemeran utama *tiba-tiba terdengar lantunan lagu Raisa*, Dodo sebagai sahabat Kiko (tapi menurut gue mereka itu 'cocok'), Sri, Lilla, dan Mita sebagai teman dan anggota BEM yang dikomandoi Kiko, dan juga Pras yang dan Cantik(Cantik sebagai gebetan sekaligus pacar Kiko, dan Pras adalah ketua BEM di kampusnya Cantik)

Buku ini berisi 18 bab, mungkin sebagian orang untuk mebaca sampai tamat buku ini itu butuh waktu berminggu-minggu atau sebulan. Tapi itu gak berlaku buat gue, gue tamat baca buku IDOLKU CANTIK ini cuma selesai sehari. Sehari? 24 Jam dong? Iya, betul. Soalnya genre buku ini adalah genre favorit gue, Komedi.

Mungkin banyak buku yang ber-genre komedi lainnya, dan mungkin punch-line nya kurang 'ngena', 'nonjok', atau 'nendang'(sama aja kale). Tapi, ada loh.
Setelah gue baca buku IDOLKU CANTIK, kekhawatiran gue dengan komedi yang garing itu pun hilang. IDOLKU CANTIK punya punch-line yang bisa bikin kita ngakak guling-guling, bahkan bisa ngakak kayang di zebra-cross. 

Oke, dengan tebalnya novel IDOLKU CANTIK, kalian bisa secara bertahap bacanya, atau mengikuti cara gue yang langsung membacanya sampai tamat. Mungkin karna gue aja yang terlalu bersemangat bacanya kayak ngeliat semua personil SNSD joget 'Caesar'.

ISI:
Di awal cerita, kita diperkenalkan dulu siapa itu Kiko Kalingga. Seorang ketua mahasiswa atau lebih dikenal Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM) di kampusnya, Institut Teknologi Peradaban Jakarta(ITPJ).

Disana Kiko sedang memimpin rapat dengan para anggota BEM lainnya. Sambil mendeskripsikan tokoh Kiko, bagian prolog ini juga dijelaskan salah satu kejadian Kiko yang memperlihatkan kepada teman-temannya bahwa dia sangat benci semua tentang K-Pop, padahal sebenarnya dia sangat tergila-gila dengan K-Pop. Tapi ada satu cerita dimana pada saatnya Kiko diberi cobaan dengan jatuh cinta kepada cewek yang tidak menyukai K-Pop, yang membuat Kiko dilema apa harus terus berbohong demi mendapatkan hatinya cantik atau harus jujur bahwa dia menyukai K-Pop kepada semua teman-temannya dan juga Cantik. Dan apa reaksi Cantik saat Kiko mengakui semuanya?

Saksikan........ Eh, belilah buku IDOLKU CANTIK ini, di toko buku kesayangan kalian.

Selain diceritakan berceritakan berbagai cerita Kiko yang nyatanya sangat menyukai K-Pop secara diam-diam di dalam buku ini juga dilengkapi dengan bagian 'Kata Penulis' yang gunanya untuk menjelaskan kepada setiap pembaca apa yang dimaksud K-Pop, SNSD, dan lainnya. Jadi gak usah khawatr tentang: "Apa sih K-Pop itu?" "Pasti ini buku buat penggemar K-Pop doang." "Jangan-jangan penulisnya memang penggemar K-Pop juga." #eh
Tapi menurut gue, buku ini cocok dibaca untuk ramaja sampai dewasa, kecuali bayi(yaiyalah, bayi kan belum bisa baca).

Oke, this is the end of post, kalo kalian udah baca IDOLKU CANTIK, gimana pendapat kalian tentang bukunya? dan yang udah beli bukunya setelah gue review IDOLKU CANTIK ini, mention dong ke gue. Oke kawan-kawan, sampai ketemu lagi di rekomendasi dan review-review buku lainnya.

Sekian dan terima kecupan.

{ 10 Komentar... read them below or Comment }

  1. Haha si Dodo lucuuuuuu, pengen gue cubit kalo ketemu, aaaak! gemes..

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya, sudah direview. Semoga menghibur. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah menulis, karyanya menghibur :)

      Hapus
  3. OMG!! Cocok bangeettt niihh bukunya buat temen aku. Soalnya temen aku itu juga fans K-POP. Apalagi sama kyuhyun. waahhh di sampe tergila-gila. Ceritanya kayaknya ngehitz pake begete deehh....
    Meskipun aku bukan penggemar K-POP. Tapii penasaran deh pengen beli bukunya.
    Emm kakak kerren banget deeh buat postingannya. Jadi kayak penulis skenario handal.
    Good luck and success!

    @xrahmathekiehlx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Terimakasih banyak pujiannya sangat membantu buat semangat nulis terus hehehe

      Hapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -