Posted by : Muhammad Iqbhal Senin, 09 Juni 2014

#RELATIONSHIT – Ketika Kegagalan dalam Hubungan Menjadi Sebuah Pelajaran
by Alitt Susanto (@shitlicious)
[Book Review]

Hari ini, Minggu, 8 Juni 2014. Tepat jam setengah 5 sore gue mulai menulis posting ini karna gue abis mendapat banyak “tamparan” dari buku RELATIONSHIT yang telah gue beli semalem. Ya, gue malem minggu lebih milih beli buku, daripada ngajak Kuda Nil malem mingguan. Orang berpikiran mungkin dilihat dari covernya(buku RELATIONSHIT) sama aja dengan buku atau novel lainnya yang kebanyakan ada di rak toko buku diluar sana. Tapi menurut gue, nggak perlu dilihat dari desain atau tokoh modelnya yang ada di cover setiap buku, tapi liat dari isi makna dan pelajaran apa yang ditulis dalam buku tersebut.


Inget, jangan liat tokoh modelnya disetiap buku hahahahaha

RELATIONSHIT
Penulis: Alitt Susanto
Editor: Syafial Rustama
Proofreader: Ry Azzura
Layout: Irene Yunita
Desain Sampul: Gita Mariana & @ibods
Ilustrator: @ibods
Foto Sampul: Ridwan Rahmat Ramadan

Gue nggak ngerti ada mantra atau bau ketek siapa didalam buku RELATIONSHIT ini, karna gue baca buku ini sampai tamat dalam hitungan jam, saja. Mungkin karna alur cerita yang lebih ‘nendang’ dan beda dari buku-buku lainnya yang pernah gue beli dan baca. Gue menyelasaikan bacaan dari buku karya Alitt Susanto ini setelah sholat Subuh dan berakhir di jam setengah 5 sore. Nggak butuh waktu lama kan? Padahal buku ini tebalnya 230 halaman.  Lebih tebal dari diary cowok ababil yang sering galau, nyilet-nyilet tangan, manjat tower PLN dan suka nangis dibawah shower, setiap hari.

Awalnya emang gue udah tau dari dulu tentang kabar buku ini bakal terbit kapan, karna gue selalu ngecek sosial medianya Alitt (@shitlicious). Gue kenal cowok yang hobi nulis dan nguras jamban ini sejak kemunculan buku SKRIPSHIT.

(buku ke-2 Alitt Susanto)

Buku yang menceritakan semasa petualangan dia dimasa kuliahnya dan bersmack-down dengan skripsi. Buku SKRIPSHIT nggak kalah jauh lucu, absurd, dan kampret dari buku barunya ini(RELATIONSHIT). Rasanya, kalau gue ketemu penulisnya langsung, gue pengin nabok muka dia pake pohon pisang.

Awalnya Alitt bilang buku Relationshit bakal terbit akhir Maret, diantara hari Ulang Tahun gue(26 Maret), gue udah siapin semua amunisi: ternak, hasil kebun, bahkan kotoran dinosaurus untuk dibarter dengan buku RELATIONSHIT. Tapi apa daya, takdir berkata lain, Alitt nge-PHP-in gue, gue udah pergi ke toko buku setiap hari di akhir bulan Maret tapi gak nemuin sama sekali buku RELATIONSHIT. *lari kepojokan* *jongkok* *nangis*

Sebulan berlalu, akhir Mei. Gue kepo twitternya Alitt, akhirnya dia mengumandangkan adzan buku RELATIONSHIT bakal rilis di akhir bulan Mei, ditoko buku JABODETABEK, dengan kota lainnya menyusul. Gue seneng, gue bangga, gue salto, gue kepleset, dan akhirnya tiba-tiba gue ganteng. Tapi tiba-tiba ternyata saat itu gue baru sadar kalo duit gue habis buat beli pacar, akhirnya gue menabung lagi buat mencukupi beli buku RELATIONSHIT.

Seabad kemudian, setelah uang gue udah cukup, akhirnya kemarin gue beli RELATIONSHIT di toko buku Gramedia Botani, Bogor. Dengan harga yang cukup buat kantong anak kos Rp 47.000, setelah penantian panjang kayak cewek yang nggak pernah dikasih kepastian sama cowoknya, gue bisa bawa buku itu pulang kerumah buat gue ciumin berharap aroma keteknya Alitt bisa terhirup disana.

Saat pertama buka buku RELATIONSHIT, gue menyempatkan dulu untuk membaca “Bismillah”, berharap setelah baca buku itu bisa membuat gue menjadi lebih baik dan tau apa yang harus gue lakuin kedepannya setelah selesai baca buku itu.

Didalam buku RELATIONSHIT banyak cerita yang dirangkum dalam setiap bab yang Alitt tulis, dan setiap bab itu punya makna dan pembelajaran dari cerita maupun tokohnya masing-masing. Dan sekarang gue mau kasih tau tentang apa aja bab-bab dan cerita yang bisa gue rangkum menurut hasil pemikiran yang gue tangkep secara pribadi.

Hanya sebagai ringkasan pendapat gue doang loh, untuk lebih lengkap ceritanya mending beli dan baca bukunya, bukan minta gratisan ataupun minjem ke saudara dan temen yang udah mereka punya, ceritanya dalam buku itu jauh lebih dari apa yang dibayangkan dibawah ini loh!

BAB 1
Judul : How I Met Her Mother

Dalam awal cerita yang ditulis Alitt ini, menceritakan tentang hubungan dia dengan mantan gebetannya seribu tahun yang lalu. Di dalam bab ini diceritakan dengan jelas sifat, kebiasaan, dan hubungan mereka dalam mempengaruhi pembaca untuk lebih mendalam dan merasakan apa yang dirasakan tokoh didalam cerita tersebut. Walaupun pada intinya hubungan ini nggak mulus alias gagal, tapi disetiap sisi cerita tak terkecuali endingnya, pasti ada pesan agar pembaca bisa belajar apa yang harus dilakukan saat kita berkomitmen dekat dengan seseorang, haruslah kita menerima bagaimana kondisi dan sifat keluarganya. Tjakep!

BAB 2
Judul: Mencintai si Jeni

Sebetulnya yang seharusnya kita sadari, hubungan itu nggak seharusnya selalu dengan lawan jenis, tapi semua tentang disekitar kita yang bisa buat nyaman dan nggak mau sampai kehilangan kebiasaannya. Si Jeni disini bukan nama cewek, cowok, banci, anjing peliharaan, atau nama celana dalam kesayangannya Alitt. Si Jeni adalah mobil pertama yang dimiliki Alitt, mobil yang dia raih dengan hasil keringatnya sendiri. Mungkin punch-line cerita ini yang paling “ngena” daripada cerita lainnya, semua berawal dari obrolan yang dibicarakan Alitt dengan si Jeni, yang menurut orang disekitarnya “geleng kepala” tapi buat ketawa jungkir balik bagi para pembacanya.

BAB 3
Judul: Firasat

Dilihat dari judulnya, gue yakin kalo gue pernah baca cerita ini sebelumnya yang ditulis di blognya Alitt (www.shitlicious.com). Sejak itu gue kira Alitt memang mengopas postingan blognya dan buat gue baca berkali-kali cerita yang udah pernah dibaca, tapi tenyata.. Alitt membuat cerita itu menjadi sebuah kisah yang berbeda dari apa yang ditulis diblognya, dia memperluas dan memperjelas ceritanya secara rinci dan membuat pembaca yang sebelumnya belum baca Firasat ataupun yang sudah masih bisa terhanyut kedalam setiap bagian isi cerita tersebut.

Firasat disini menceritakan tentang sahabat Alitt sejak kecil, bahkan sejak didalam rahim ibunya masing-masing. Mereka menurut gue terlihat lebih dari sekedar teman, teman dekat, sahabat apalagi sahabat palsu, mereka seperti keluarga, bersaudara, kakak-beradik. Mereka saling mengisi dan berbagi apapun satu sama lain, itu dibuktikan hingga pada akhirnya Alitt benar-benar kehilangan sosok Trisna, seorang teman yang bisa membuatnya bisa berbagi segalanya. Satu sama lain.

 BAB 4
Judul: Adik Gue, Jagoan gue.

Sama kayak cerita Firasat, bab dan cerita ini juga pernah jadi postingan di blognya Alitt, namun tetap sama juga dalam penyampaiannya yang dibuat Alitt didalam buku RELATIONSHIT ini. Berkisah tentang kehidupan Alitt dan adiknya dari awal hingga segala perubahan yang di alami Alitt dalam meniti karir yang tidak seimbang dengan kepribadian adiknya yang berubah 180o. Tapi banyak pelajaran yang Alit sampaikan dalam menyelesaikan masalah dia dengan Adiknya,  Andi. Bahwa lingkungan itu bisa mengubah kepribadian.

BAB 5
Judul: Cinta Tapi Bungkam

Mencintai tapi tak pernah buat dia tau apa yang kita rasakan dan kita korbankan. Emang pedih, tapi apalah daya yang dialami teman dari Alitt yang menjadi tokoh utama dalam cerita didalam bab ini. Dalam menyamarkan nama dalam menjaga harga diri korban, Alitt selalu memberi nama mereka Supri. Yap, Supri disini nggak sendiri, tetap ada Alitt di dalamnya dalam hal memberi warna dan pelajaran kepada Supri. Pokonya disini kepribadian Alitt nggak jauh dari motivator-motivator yang sering memarken telunjuknya ke kamera setiap dia ngomong “Golden Ticket”. Yang pastinya juga cerita dan nasihat-nasihat Alitt buat para pembaca dan pelaku korban yang mencintai seseorang yang kurang nyali bisa lebih “tertampar”.

BAB 6
Judul: Bukan Cerita FTV

Jujur sih, dalam prolog akhir dari bab ini yang paling gak gue ngerti. Tapi inti cerita yang diperankan tokoh udah bisa disimpulkan bahwa membuat pembaca bergumam dalam hatinya, “Yap bener banget.” ; “Yap, Gue setuju banget” ; “Yap, gue banget.” ; “Yap, Alitt kalo bijak mirip Jay-Park”

BAB 7
Judul: Kalimat Ajaib Gita

Dalam cerita ini, Alitt mencoba menceritakan mantan calon gebetannya(lagi). Gue nggak nyangka kalo Alitt pernah deket dan doyan juga sama cewek, padahal sejak gue kenal(karya)dia, gue nggak pernah bayangin kalo dia pernah punya cerita asmara yang begitu banyaknya, kayak cabang indomaret seluruh Indonesia.

Cerita di bab ini tentang cewek drama, yang sebagian cewek sekarang masih menjadi salah satu kepribadiannya yang sudah melekat sampai akhir khayat.  Bagaimana Alitt menjalani dan menanggapinya? Serta mengambil pelajaran apa yang dia pesankan kepada para pembaca? Ya beli dong bukunya, jangan maunya pengen dikasih dan minjem dari orang mulu :p

BAB 8
Judul: Gue Adalah Anak Eyang

Menjadi cucu yang baik, itulah yang Alitt ceritalkan di bab ini. Buat gue, cerita ini juga termasuk cerita yang membuat banyak kesan dan pelajaran buat para pembaca. Karna, kedewasaan bermula didalam keluarga.

BAB 9
Judul: Long Distance lover

Menceritakan kisah cinta Alitt dari awal mula dia berkenalan dengan cewek yang membuat dia luluh. Cewek yang dia anggap pemacu semangat dan alasan dibalik kesuksesan dia. Kisah cinta yang membuat para pembaca “senyam-senyum” sendiri itu. Tapi sesuai dengan judulnya, hubungan Alitt dengan seorang cewek yang menurut dia disamarkan namanya itu, Wina. Padahal gue yakin pasti nama aslinya Edwina, nggak jauh kan menyamarkan namanya? Alitt emang cerdas :)

Saat-saat bahagia, kekurangan kesempurnaan hubungan karna faktor jarak, sedih, sampai terharu bisa dirasakan pembaca. Untungnya gue nggak baca buku ini didalem angkot, mungkin kalo sampai itu terjadi gue bakal dikira mengalami pergeseran otak karna radiasi bau ketek dari salah satu penumpang di angkot itu. Ya, ”senyam-senyum” sendiri.

BAB 10
Judul: Long Distance Relain-ship

Disinilah lanjutan dari cerita sebelumnya, dimana bahwa setiap hubungan pasti mengalami konflik. Saat cerita sebelumnya disuguhkan tentang manisnya hubungan Alitt dengan Wina, dari mulai saat berkenalan, Wina sebagai salah seorang dibalik kesuksesan Alitt dalam karir dengan memberinya semangat, sampai keromantisan Alitt dengan caranya melamar Wina.

Semua kisah indah Alitt bersama Wina renggang karna di-adu-domba-kan oleh jarak. Semua berubah karna komunikasi yang terhambat dan kepercayaan masing-masing. Mungkin disitulah ujian didalam hubungan mereka. Dalam tulisannya, Alitt sekali lagi membuat para pembaca belajar dan menyimpulkan sendiri yang sudah terjadi didalam ceritanya: dalam dialog, karakter tokoh, dan penyelesaian(Solusi) yang Alitt perlihatkan juga.

BAB 11
Judul: (L)ove (D)ifferent (R)eligion

Bab terakhir dari buku RELATIONSHIT. Dan bab yang membuat gue jatuh cinta sama tokoh yang diperankan oleh Maria, seorang cewek tegar dalam menyikapi keadaan dan masalah. Alitt kali ini dan sekali lagi bisa membuat dan menuliskan langsung pengalaman hidupnya yang membuat para pembaca terhanyut dan merasakan apa yang dirasakan di setiap tokoh yang dia tulis. Satu kata yang bisa gue ungkapkan: MENYENTUH.

Kata terakhir yang bisa gue tulis sebelum mengakhiri postingan ini adalah,  
Serumit apapun hubungan kita dengan siapapun, baik itu keluarga, teman, lawan jenis, sampai benda kesayangan, nikmatilah, dan jadikan pelajaran yang bisa buat kita mengerti betapa pentingnya mereka dalam membuat kita menjadi dewasa. Karna kedewasaan datang saat masalah itu bisa kita atasi dan ikhlas dalam menyikapinya.

{ 6 Komentar... read them below or Comment }

  1. Gue pingin beli belum sempet juga ke toko buku. Keburu abis restock lagi, nunggu lagi. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending nunggu tapi dapet. Daripada udah nunggu, eh gak dapet2.. Kayak pedekate lama, eh taunya gak jadian :))

      Hapus
  2. Balasan
    1. Beli dong, dijamin nggak rugi. Dapet pelajarannya juga dari semua tokoh yang ada didalam buku dan pengalaman penulisnya :)

      Hapus
  3. bahasa terakhirnya keren cuy ^^

    BalasHapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -