Posted by : Muhammad Iqbhal Selasa, 22 Juli 2014


Sekarang adalah bulan puasa, bulan penuh dengan berkah bagi orang yang merayakannya. Mungkin banyak yang berubah di bulan Ramadhan seperti ini, misalnya: setiap rumah makan dipakein hordeng kayak kondangan, muka pada lemes kayak abis di tolak gebetan, sebagian orang beralih profesi jadi tukang kolak dan es buah di pinggir jalan, setiap sore jalanan macet karna sampah kayak air di bendungan Katulampa Ciliwung, dan waktunya pada ngumpul sama temen lama di acara buka bersama(BukBer).

Acara bukber sendiri punya tujuan dan makna masing-masing di antara yang merayakannya. Ada yang untuk seru-seruan, reunian, bahkan ajang balikan sama mantan. #eh

Tapi apa aja gunanya bukber?


1. Temu Kangen


Ya banyak orang yang menyelenggarakan acara buka bersama adalah dengan alasan untuk “temu kangen”. Waktu itu gue buka bersama sama temen sekelas gue saat SMA, dan gue janji bakal dateng, dan temen gue yang bikin acara bukber itu bilang, “Harus bisa hadir ya, kan temu kangen~”

Mungkin menurut gue bukan kangen sama orangnya, tapi kebiasaanya. Ya masih sebagian orang yang belum bisa bedain mana kangen tentang kebiasaan atau kangen cuma sekedar kangen. Kebiasaan itu bisa membuat kangen atau kehilangan saat kita udah gak pernah ngelakuin kebiasaan itu lagi. Beda dengan kangen fisik, yang membuat kita sembuh hanya dengan melihatnya bertemu.

Walaupun nggak sedikit orang merasakan kangen, tapi mereka dateng ke buka bersama hanya buat ngobrol tentang masa lalu dan aktivitas yang lagi ditekuni sekarang, itu juga sama orang yang dulunya emang udah deket. Percuma banyak yang hadir dalam buka bersama reuni, tapi cuma bisa ngobrol masing-masing. 

2. Biar Kelihatan Gaul 

Buka bersama itu bukan cuma sekedar hal yang semua orang bisa lakuin, tapi saat orang lain bisa lihat yang buka bersama, mereka melihat bahwa kekompakannya memang besar, pergaulannya hebat. Di jaman sekarang gini yang udah banyak rumah makan dan berbanding lurus dengan teknologi orang memanfaatkannya sesuai keinginannya masing-masing. Dateng ke acara bukber lalu dia cuma update status dan tempat dimana dia berada. Biar apa? Biar orang lain bisa lihat. Biar orang lain bisa menilai betapa gaulnya itu hebat. 

3. Ajang Pamer 

Udah nggak pernah ketemu lama, otomatis pasti banyak yang nanya apapun kegiatan dan status kita sekarang. Ada yang terus-terang ada yang memang berpura-pura supaya gak akan di ledek ataupun direndahkan. Buat gue, kenapa kalo dia memang mengaku hebat sekarang harus merendahkan yang menurutnya paling rendah di mata dia, lah dulu kan kita sederajat. Kalo memang Tuhan mentakdirkan sesuatu itu yang lebih baik di antara kamu, ya patut di syukuri, bukan merendahkan dan mencaci-maki.

Ada cewek yang minder dan trauma gara-gara acara buka bersama karna memang awal mereka yang satu sekolah dan lulus ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tapi si cewek ini nggak mengikuti teman-temannya lanjut sekolah/kuliah/kerja karna masalah ekonomi -> di rendahin -> nggak ada temen ngobrol pas buka bersama -> dicuekkin -> pulang -> trauma.

Buat gue buka bersama dengan alasan reuni itu wajar, tapi alasan untuk datang buka bersama karna status dan drajatnya yang tinggi itu baru nggak wajar. 

4. Ketemu Mantan 

Pokoe setiap di kelas gue dulu, pasti ada yang pacaran, pas udah lulus eh bubaran. Nah kesempatan emas gini bisa nostalgia dengan ketemu bahkan ngobrol sama mantan lagi. Syukur-syukur bisa nganter pulang terus balikan hehehehe

Ya jodoh siapa yang tau, namanya juga rencana Tuhan. Kalo emang dia ditakdirkan untuk hadir di hidupmu lagi, kenapa menolak kesempatan yang udah ada, kecuali si mantan udah ada yang punya :’( 

5. Dapet Pahala 

Karna kita mengikat dan memperpanjang tali silaturahmi. Hadis itu sudah di jelaskan oleh....

#KesambetKainSorbanPakUstad

Oke sekian dulu postingan gue kali ini. Buat seru-seruan aja yak, kalo ada kata yang gak pernah sejalan, mending ajak jalan aja :p

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan, dan selamat buka bersama bagi yang merayakan. CIAO!

{ 2 Komentar... read them below or Comment }

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -