Posted by : Muhammad Iqbhal Rabu, 10 September 2014


Konon, pergi ke sekolah itu punya tujuan masing-masing bagi setiap orang. Ada yang mau menuntut ilmu, ketemu temen-temen, biar dapet uang jajan, ketemu gebetan, bahkan ada yang numpang boker doang. 

Kadang masih ada orang yang menilai tujuan dan urusan orang masing-masing yang berbeda dengannya selalu dianggap remeh. Misal, ada orang yang pintar di sekolah, lalu saat dia menilai teman-temannya yang lain dalam tujuan dan urusan mereka masing-masing, dia memandang bahwa dia adalah yang paling benar. Tapi, dengan salah satu orang yang pergi ke sekolah cuma untuk sekedar numpang bobo ganteng di kelas, menganggap dirinnya benar juga, karena menurutnya sekolah itu nggak penting dan membosankan. Mungkin orang seperti itu adalah salah satu anak pengusaha jamban goyang yang telah mendunia dan mengakhirat, jadi dia cuma nunggu warisan dari orang tuanya aja.

Dengan cara pandang kayak gitu, gue pengen kalian lebih berhati-hati lagi dalam bersikap, walaupun di anggap sepele, besar kepala bisa membuat kita dijauhkan dari kebahagian yang akan diberikan Tuhan nanti.

Dengan topik yang sederhana ini, gue bakal sharing untuk menghibur sekaligus memberi masukan jika kalian bisa mengambil inti dari posting ini. Karena kemarin gue melihat kerbau, jadi gue terinspirasi untuk nulis in. Emang nggak nyambung sama sekali sih, tapi gapapa deh ide kan muncul bukan karena suatu objek yang kita lihat doang, tapi bagaimana pikiran kita berproses kayak mesin pembangkit listrik. Ngeliat objek angin aja malah bisa jadi ide untuk menghasilkan listrik, air juga, uap panas bumi juga, bahkan tai juga bisa jadi listrik. Nggak nyambung kan? Tapi bisa jadi bermanfaat.. Itulah anugerah Tuhan yang memberikan kita akal dan pikirian. *brb sholat tahajud*

Kembali ke benang merah, yang masih sekolah atau yang sudah lulus pasti kalian inget dong kebiasaan kalian setelah pulang sekolah itu ngapain? Banyak? Uh, kita sama. Semakin banyak kenangan, semakin banyak pengalaman dan nggak sesekali kita ingin mengulang. Tapi setelah survei di lampu merah prapatan Bojong Jengkol kemarin, gue bisa mengumpulkan informasi tentang kegiatan apa aja setelah para siswa belajar disekolah. Diantaranya:

1. Langsung Pulang

Anak yang melakukan hal ini mungkin dia tergolong anak yang baik. Dia melakukan keadaan sesuai dengan kegunaan yang semestinya. Gue bisa melihat mereka yang setelah selesai belajar di sekolah dan langsung pulang kerumah itu gerak-geriknya seperti orang kebelet pengen jadian sama gebetan. Ada yang terlihat semangat dari raut wajahnya yang membayangkan bantal, guling, dan kasur dirumahnya, ada juga yang wajahnya kayak kucing pengen kawin. Gak sabaran.

Kebanyakan yang melakukan hal ini setelah pulang sekolah adalah anak rumahan. Bukan, bukan maksudnya dia dilahirkan dari rumah lalu berubah wujud menyamar menjadi manusia, tapi dia adalah tipe orang yang nyaman berada di rumah. Entah dirumahnya memberikan kebutuhannya yang cukup, seperti perhatian orang tua, fasilitas memadai, atau memang pengennya mau pulang aja. Huft.

2. Pergi Ke Rumah Temen

Hal kedua, mungkin tujuan orang main dulu kerumah temen karena ingin mengerjakan tugas kelompok, atau sekedar main dan ngobrol menceritakan kejadian seharian. 




Biasanya kalo cewek yang ngelakuin ini nggak jauh dari tujuannya untuk curhat. Kalo cowok, mungkin main game bareng. Iya gak?

3. Pergi Ke Mall

Pergi ke mall emang asik. Setelah otak ngebul sama pelajaran di sekolah, tinggal ademin aja masuk mall. Hal yang dilakuin di mall dari para siswa setelah balik sekolah itu nggak jauh dari mereka yang ingin ngerumpi sambil jalan, sambil makan, bahkan sambil loncat dari lantai paling atas.

Selain itu juga, tujuan orang setelah pulang sekolah lalu pergi ke mall nggak jauh dari nonton film di bioskop, pergi ke toko buku, main di Time Zone/Zone 2000/Fun World, belanja, pipis di toilet, nyari pacar, de el el.

Memang nggak salah sih jika tujuan pulang sekolah itu pergi ke mall, lah pernah ngeliat kan guru-guru juga setelah ngajar terus pergi ke mall. Kalo tujuannya untuk menghibur diri sendiri setelah kepenatan belajar selama sepekan sih wajar, karena selama kita melakukan tanggung jawab, apapun hak kita dijalankan juga gapapa dong :p
 
4. Pacaran

Aduh ini, yang setiap balik sekolah gue lihat membonceng pacarnya di motor dan mobil berdua lalu mereka bermesra-mesraan dengan tetap memakai kostum sekolah, apa yang harus saya lakukan? #GueSirik #GueDengki

Pulang sekolah nyampe kerumah telat karena alasan ngerjain tugas kelompok padahal mah pacaran, aduh. Pacaran sih itu hak mereka dan perasaannya masing-masing. Tapi gimana kalo balik dulu kerumah, terus ganti baju, baru deh pacaran sono. 

"Tapi kan kalo balik dulu suka nggak dibolehin berangkat lagi?" Kan weekend bisa, nggak harus setiap hari dan pas langsung pulang sekolah juga kan~ 

"Tapi kan pacar yang ngajakin mulu, kalau nggak diturutin nanti ngambek, dan nggak enak juga bang." Udah putusin aja~ 

Hehehe bohong becanda. Selagi masih muda nikmatin aja, nggak usah terpaku sama kebiasaan setiap orang yang di anggap benar. Tetep jalanin hidup sesuai hal yang kita inginkan. Kalo menyesal kan nggak bisa nge-undo :D 

5. Nongkrong 

Pulang sekolah nongkrong di warung langganan sama temen-temen lain. Nongkrong dijalanan sambil jongkok dan muter-muterin handuk kecil. Nongkrong di WC. Oke mungkin itu dia lagi mules. Skip.

Nongkrong buat sebagian cowok itu memang hal yang nyenengin apalagi nongkrong bareng sambil bercanda, sambil boker juga, de el el.

Mungkin hal nongkrong ini yang dilakukan setelah pulang sekolah di anggap negatif oleh sebagian orang atau di anggap suudzon. Mereka yang melakukan ini tidak dianggap baik karena mungkin masih menggunakan seragam di luar jam pelajaran sekolah, atau takut bertujuan melakukan hal yang tidak di inginkan sehingga nama sekolah mereka bisa menjadi taruhan.

Ya, kalau mau nongkrong sih boleh, tapi jangan terlalu lama juga. Secukupnya lebih baik daripada terjadi apa-apa. Belajar melihat resiko dan introspeksi diri lah.

6. Tawuran

Akibat nongkrong nggak jelas, kadang hal yang tidak di inginkan pun bisa terjadi, seperti tawuran. Tawuran mungkin bukan hal yang aneh bagi dunia para pelajar di negara kita ini. Demi pencitraan tapi malah hasilnya tidak mencitrakan, tawuran di anggap salah satu cara membuat nama sekolah itu terkenal dan ditakuti.

Kemarin gue lihat di jalan ada yang tawuran, antara TK Sayang Mantan dan TK Move On. Mereka beradu jotos demi membela nama, drajat, kedudukan, tujuan,dan prinsip sekolah mereka paling benar. Tapi setelah tawuran itu reda, TK Move On lah yang dianggap menang, namun bagi TK Sayang Mantan tidak pernah mengakui kemenang TK Move On, karena bagi para siswa TK Sayang Mantan bahwa menyayangi mantan itu tidak bisa dihapuskan. Oke memang rada absurd, iyain aja biar cepet.

7. Nginep di sekolah

Punya nyali gede, nggak mau pulang, betah di sekolah, ya udah deh nginep aja di sekolah, nggak usah pulang.  

In the end, apapun tujuan kita apapun hal yang dilakuin kita walaupun berbeda dan di anggap remeh orang lain, biarkan saja. Kecuali hal negatif, seperti tawuran tadi. Memang harus dirubah. Karena selagi menurut kita melakukan hal sesuatu yang membuat kita nyaman, lakuin aja nggak usah lihat dunia luar, karena masih banyak mereka yang ingin melakukan seperti kita tapi tidak bisa.

Sekian, dan kalo ada hal lain yang menurut kalian lakuin setelah pulang sekolah, boleh banget di share di comment box biar pembaca lain terhibur atau malah terinspirasi. Terimakasih.

Bye! Bye!  

{ 6 Komentar... read them below or Comment }

  1. Wow...pasti sebelom bikin postingan ini. Lo pasti survey dulu nih Ama anak2 SMA.

    azizkerenbanget.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Klau ane min pas bell plg skolah bawaan nya pgn lngs plg kerumah phdl sih menurut ane dirumah ane mlh bosen pgn skolah lgi :D (y) blog nya keren min makasih atas info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((min)))

      Y. Terima kasih kembali, min. :)

      Hapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -