Posted by : Muhammad Iqbhal Rabu, 03 September 2014


Maemunah sudah jomblo setelah pacaran selama 1 menit. Dia memutuskan hubungan dengan pacarnya, Endoy, karena Endoy bukan tipe cowok yang Maemunah suka. Padahal Endoy sendiri, sudah berusaha untuk jadi cowok yang Maemunah idam-idamkan.

Sebelum pacaran, Endoy PDKT dengan Maemunah selama 9 tahun. Selama PDKT, mereka mengeluarkan uneg-unegnya mengenai kriteria pacar yang mereka inginkan.

Endoy ingin memiliki pacar yang:

1. Baik, 
2. Setia, 
3. Perawan, 
4. Kakinya dua, 
5. Makan pake tangan, 
6. Dan pipisnya nggak berdiri. 

Sedangkan Maemunah ingin memiliki pacar yang:

1. Ganteng
2. Tajir
3. Setia
4. Baik
5. Wangi
6. Hidup


Setelah mereka memberitahu kriteria pacar idaman masing-masing, Endoy berusaha ingin menjadi cowok yang Maemunah inginkan. Endoy ingin menjadi cowok yang ganteng, padahal wajahnya nggak jauh dari sempak Fir'aun. Endoy juga nggak tajir, dia hidup di gubug dan tidur di mesin cuci bekas serta pengangguran. Untuk kriteria yang lain, mungkin Endoy bisa memenuhinya seperti baik, setia, dan hidup. Untuk wangi, dia selalu membuat parfum sendiri dengan memetik bunga melati yang banyak dan menaruh di saku celananya supaya wangi. Entah apa ngaruhnya.

Berbeda dengan Maemunah, dia tidak tertarik untuk merubah menjadi cewek yang Endoy inginkan. Dia malah tak peduli agar bisa menjadi diri yang menarik di mata Endoy, padahal dia nyaman saat dengan Endoy.

Setelah Endoy berusaha untuk menjadi cowok yang sempurna di mata Maemunah. Dia berusaha menggantengkan diri, dengan operasi plastik. Ya, dia memakai plastik bekas berwarna hitam yang menurutnya bisa membuat ganteng seperti orang yang mengalami operasi plastik. Namun, setelah dia operasi memakai plastik bekas tersebut, wajah Endoy berubah seperti alien yang abis di tonjok Hulk.


Kriteria kedua adalah tajir, Endoy berusaha keras, bekerja dan menabung. Hem.. Dia kerja menjadi TKW di Arab, dan dia mendapat bayaran yang besar dengan bekerja menyapu dan mengepel gurun pasir disana.

Setelah Endoy merasa berhasil menjadi kriteria cowok idaman, 9 tahun kemudian dia langsung menemui Maemunah dan bermaksud untuk menyatakan perasaannya.

Tak butuh waktu lama, mereka pun jadian. Tapi setelah 1 menit Maemunah menikmati kriteria pacar yang di inginkannya, dia merasa bosan dan jenuh karena rasa sayang kepada Endoy bukan rasa yang tumbuh sendiri, tapi dipaksa untuk tumbuh.

"Endoy, aku mau ngomong sesuatu." ucap Maemunah kepada Endoy yang sedang mengendarakan helikopter.

"Iya boleh." jawab Endoy sambil terus fokus.

"Aku mau putus." dengan nada yang datar.

"Oke deh.. Tapi kenapa kamu mau putus?" tanya Endoy yang penasaran.

"Kamu terlalu baik buat aku." masih dengan nada yang datar, Maemunah menjawabnya dengan santai.

"Oh gitu, bagus deh kalo gitu, cari aja pacar yang lebih jahat dari pada aku. Bye!" jawab Endoy sambil melompat ke luar helikopter, meninggalkan Maemunah sendiri.

Setelah putus dari Endoy, Maemunah mencoba mencari pacar baru, namun tak ada satu pun cowok yang mau jadian sama dia. Alasannya selalu gak cocok, gak cocok dengan kriterianya.

1 abad kemudian, Maemunah masih belum menemukan belahan jiwanya. Dan akhirnya dia meninggal dengan rindu yang ditinggalkannya. Ya, Dia rindu dengan Endoy. Di masa tuanya, dia merasa menyesal karena baru tahu kalau hanya Endoy yang mencintainya dengan tulus dan pengorbanan dan besar. 

Maemunah merasa bersalah, sebelum dia meninggal dia berusaha menghubungi Endoy, tapi tidak ada satupun yang tahu keberadaannya. Apa mungkin Endoy meninggal setelah turun dari pesawat saat Maemunah memutuskan hubungan mereka dulu, atau apa mungkin Endoy sudah punya kekasih yang baru. Entahlah.

Tapi, pada kenyataanya Endoy masih hidup. Dia ternyata selalu memperhatikan Maemunah walaupun mereka sudah tidak pacaran. Endoy setia menunggu Maemunah, tanpa ketahuan. Cinta Endoy memang begitu besar kepada Maemunah karna sebelum dan saat mereka pacaran, Endoy selalu membuat komitmen dan terus berusaha sampai kapan-pun sampai dia mendapatkan hati Maemunah. Sampai akhir hayatnya, Endoy tetap mencintai Maemunah, dan memaafkannya.

***

Dari cerita di atas, bisa di ambil pelajarannya. Kriteria memang penting supaya kita tahu apa yang di inginkan. Untuk cewek, hubungan cerita di atas dengan kriteria cowok yang harus dijadikan pacar adalah.

1. Tanggung Jawab

Ya, ini adalah sifat yang harus dimiliki semua cowok. Karena mereka di takdirkan untuk menjaga dan membahagiakan pasangannya. Jaman sekarang, masih banyak cowok yang selalu mengumbar janji manis tapi tidak pernah membuktikannya. Buat gue, tipe cowok yang selalu gombal dan mengumbar janji adalah cowok yang malas. 

Selama dia belum terlihat berusaha dan membuktikannya, dia adalah cowok yang malas untuk bekerja keras. Kadang, sebagian cowok setelah mendapatkan apa yang di inginkan, mereka tidak lagi seperti saat mereka dulu berjuang mendapatkannya. Ya, itulah tanggung jawab. Harus menjadi hal utama memilih cowok.

Ya, itu aja kriteria yang harus dijadikan pedoman dalam memilih cowok untuk di jadikan pacar. Tak ada yang lebih baik selain tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan kebutuhan primer, setia adalah kebutuhan sekunder, dan wajah tampan adalah tersier. 

Yang diharapkan pria dari wanita: pengabdian.Yang diharapkan wanita dari pria: tanggung jawab.

{ 2 Komentar... read them below or Comment }

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -