Posted by : Muhammad Iqbhal Kamis, 30 Oktober 2014



Pojok Curhat update setiap hari Sabtu malam jam 8 malam. Menjawab curhatan pembaca gue lewat e-mail, BBM, Line, dan lain-lain demi memberi solusi kepada mereka dan orang lain yang punya masalah yang sama. Di sesi pojok curhat ini, gue bakal pilih 6 curhatan yang akan gue jawab dan share di blog gue ini, semoga solusi dari gue bisa membantu dan mencerahkan kalian.

Bang, gue mau curhat dong..


Jadi, gue punya gebetan cewek. Satu kampus. Dia udah punya pacar. Tapi dia sering ngasih kode ke gue. Contohnya, dia selalu nge-Line gue duluan hampir tiap hari, ngetwit yang kayaknya ditujukan buat gue, terus sering banget ngajak ketemu. Kalo Line sih sering gue respon, secara gue suka sama dia.

Tapi kalo ketemu mah jarang gue tanggepin. Takutnya gue di sidang sama cowoknya. Suatu hari setelah dia beberapa kali ngasih kode, gue ngestalk TLnya, terus baca beberapa twitnya isinya sayang-sayangan sama cowoknya. Jleb! 

Yang mau gue tanya:  

1. Maksud dia itu apa ya?
2. Gue harus gimana?
 

Reza, via Line 

Solusi:

Hei, Reza… 

Widih, asik juga ya kronologi cerita lo. Asik buat ditatap surem. Iye, surem.. Surem banget. Kayak lagi ngaca di genangan sambel kecap. Syureem..

Jadi begindang..

Kemungkinan itu emang kode dia buat lo. Kemungkinan juga dia tertarik sama lo. Tapiiiii... Inget! Bisa jadi dia kayak gitu karena lagi jenuh sama cowoknya.

Beberapa kemungkinan ini bisa bener, bisa juga salah. Apapun itu yang terpenting adalah sikap lo dalam menyikapi serangan kode si doi. Maksud gue, lo tau dia udah punya pacar. Sekarang, apa lo sampe hati ngerusak dan ngeganggu hubungan orang?

Kalopun akhirnya kalian jadian, apa lo mau jadian sama dia tapi dengan status selingkuhan atau kekasih gelap? Duuh, jangan main api deh.

Saran gue, pelan-pelan lo jauhin dia. Cari cewek lain yang lebih kece dari dia dan yang penting single! Toh, juga lo belum 'dalem-dalem' banget sama dia. Yaah.. dalam artian, perasaan lo belum terlalu jauh ke dia, kalian baru sebates sms-an kan? Lebih gampanglah buat lo lupain plus jaga jarak sama dia.

Semoga membantu :)

***

Bang, curhat dong.. Gue baru deket sama cowok, dia satu angkatan sama gue tapi beda kelas, panggil aja dia Angga. Nah gue kenal sama Angga tuh dari Facebook terus kita bbm-an awalnya sih gue biasa aja tapi bbm dia tuh manis banget udah kaya gula basi~

Ya lama lama gue akhirnya suka juga sama dia. Tapi pas disaat gue udah suka udah kepentok cintanya dia.. eh si Angga malah berubah. BBM aja udah enggak. terus gue mikir nih apa gue kena php atau cuma gue yg terlalu cepet? terus kalo iya php gue enaknya harus ngapain, bang?

Rina, via e-mail

Solusi:

Hae, Rina..

Gue baca dari kasus lo ini, bisa jadi elo sendiri yang kecepetan berasumsi, or sorry to say, elo sendiri yang ke-ge-er-an.

No offense ya, lo kenalnya pun lewat Facebook, sepenuhnya lo belum kenal dia lebih dalem, belum kenal karakter dia kayak gimana. Ya kan? Nah, soal php? Hmm.. Bisa jadi juga dia gak maksud php sih, ya kayak yang gue bilang, jangan terlalu cepet berasumsi. Kenapa juga lo gak ajak dia ketemuan? Bukan untuk pedekate loh yaa.. Tapi untuk kenal dia lebih jauh. Nah, setelah lo merasa cocok atau sedikit tau karakter dia, baru deh lo boleh berasumsi.

Well, ini sekedar saran sih. Kalo lo masih sungkan ngajak ketemuan, yaa lo cari tau aja tentang dia, alias stalking Facebooknya. Bukan untuk apa-apa sih, tapi gak ada salahnya kan lo cari tau tentang dia, siapa tau dia udah punya pacar, atau mungkin punya gebetan.

Semua masih kemungkinan dan bisa juga terjadi. Lo tetep harus cari tau lagi tentang dia dulu. Dan.. Siap dengan kemungkinan-kemungkinan yang gue sebutkan tadi.

Good Luck!

***

Halo Bang, Pacar gue ngaku suka sama cewek lain, dia terobsesi gitu sama cewek yang mukanya lucu. Padahal muka gue juga gak jauh sama Raisa. Ngok. 

Pernah waktu itu gue di kampus lagi bareng dia sama temen-temennya, eh dia malah ngincer dan caper sama cewek itu. Bikin gue bete abis. Gue mesti gimana? Walaupun gue udah bertahun-tahun sama dia, tapi cemburu pasti adalah ya, walaupun mereka ga saling kenal juga. Huft.

Tolong dijawab yaa bang :'( 

Risna, via e-mail.

Solusi:

Halo Risna,

Waaaah, baca dari kasus lo ini, saran gue lo buruan ambil sikap deh! 

Cowok lo ini jelas-jelas ngaku suka sama cewek lain! Padahal statusnya masih pacaran sama lo kan? Gue gak tau, cowok lo ini bercanda atau serius ngomong ke elo.

Tapi apapun alibi dia, entah dia bercanda atau serius tetep aja pengakuan dia itu gak menghargai lo banget sebagai pacarnya dan gak jaga perasaan lo. Ya kan?

Nah, keputusan ada di hati lo nih. Lo masih mau terus jalan sama dia atau udahan aja? Lo tegasin ke dia. Kalo lo gak suka, lo bete sama cara pacar lo itu, apapun alesannya, lo tetep harus punya sikap. 

Kalo akhirnya cowok lo masih mau jalan dan nerusin hubungan sama lo, dia harus bisa ngeyakinin lo untuk ke depannya gak ada kejadian kayak gini lagi.

Jangan mainan perasaan deh. Gaenak. Rugi waktu. 

Well, eksekusi keputusan lo secepatnya! Jangan takut, posisi lo bener. Gue dan Mamang Endoy dukung lo! CIAO!

***

Bang, pacar gue ini orangnya nggak mau jujur kalau ditanya, misalnya dia ngetweet galau terus gue tanyain kenapa, dia malah jawab "gapapa hehe".

Padahal sebelumnya kita baik-baik aja, akrab, nggak ada berantem, dan nggak ada angin apa-apa, eh.. dianya malau gitu,gue harus gimana bang?

Ando, via e-mail

Solusi:

Hae Ando,

Salah satu hal yang membedakan cewek sama cowok adalah cewek lebih pake perasaan, sedangkan cowok lebih ngutamain logikanya. 

Nah, kalo lo tanya kenapa cewek lo kayak gitu, dan dia diem aja, itu wajar banget.

Kenapa dia kayak gitu? Kenapa dia galau? Mungkin cuma dia dan Tuhan yang tau~

Yang perlu lo lakuin cuma tetep ngasih perhatian ke dia, karena bisa jadi juga cewek kayak gitu cuma caper aja, mungkin lo kurang peka, terlalu sibuk sampe akhirnya galau. 

Coba deh lo introspeksi diri juga, siapa tau emang ada beberapa sikap lo yang bikin dia galau/sedih. Atau coba perhatiin lagi, dia galau mungkin karena emang lagi ada masalah yang lain. 

Yang penting, jangan paksa cewek buat ngungkapin/atau tanya kenapa saat cewek lo lagi kayak gitu. Karena pasti jawabannya 'aku gapapa'. Hehe.

Ajak dia jalan, lo manjain dia, dari situ dia bakalan nyaman dan ga nutup kemungkinan bakalan cerita dan terbuka sama lo kenapa dia galau.
***

Jadi begini bang, kebetulan gue suka sama seseorang ini sekitar 1 bulan lalu sih dia lebih tua 2 tahun dari gue. tapi dia satu kelas di kampus.. gue udah beberapa kali PDKT dengan dia dengan ngajak jalan, nonton, makan, atau ke tempat-tempat rame yang dia suka dan sebagainya.

Cuma sampe sekarang gue masih belum bisa nembak dia karena gue takut kalo gue lebih muda, gue juga takut nanti ga dianggep dan lebih dianggep kaya temen ato adek doang

Gue harus gimana bang?

Dendi, via e-mail


Solusi:
Hae Dendi..

Setelah gue baca kasus lo, mungkin gebetan lo ini naksir juga sama lo. Yah, keliatan dari tiap ajakan dia gak pernah nolak kan? Lo selalu berhasil ngajak dia jalan, Ya kan?

Nah, kalo lo udah dapet sinyal lampu ijo gitu, yang artinya tiap ajakan jalan lo selalu disambut baik sama dia, kenapa gak lo tembak? Apa yang lo takutin? Karna dia lebih tua, terus galak gitu?

Mungkin lo bukan takut, tapi belom siap. Karena kalo lo takut, lo gak akan punya keberanian buat ngajak dia jalan. Sekarang tinggal selangkah lagi nih, kalo lo udah mantepin hati lo buat dia, PDKT juga udah lumayan lama dan lo udah cukup mengenal dia, yaudah langsung aja lo tembak.

Yang penting niat, keberanian, dan percaya diri. Cari momen yang pas buat lo nembak dia. Kalo bisa sih face to face. Ga lewat bbm, sms, telfon apalAgi skype. Yaahh.. biar lebih 'kena' aja gitu kan kalo nembaknya langsung. 

Jangan sampe lo punya niatan nembak pake perantara juga. Misal; Mamang baso lo ajak kerja sama buat nyatain cinta lo lewat surat cinta yang dibalut adonan baso dan lo kirimin ke dia. Jangan deh.. Kasian kalo ketelen..

Urusan dia lebih tua dari lo, itu gak masalah lah. Toh kalian cuma beda 2 tahun, masih memungkinkan dan bukan suatu masalah besar yg perlu diributin. 

Good Luck!
***

Gue punya sahabat, sebut aja Maemunah. Gue udah sahabatan sama Maemunah selama 2 tahun. Beberapa minggu yang lalu gue putus sama pacar gue, sebut aja Endoy. Jujur gue belum bisa move on dari Endoy. Eh setelah 2 minggu setelah gue sama Endoy putus. Maemunah jadian sama Endoy. Jujur hati gue ancur. 

Oke gue relain Endoy pergi dari kehidupan gue, tapi gue garela kalau Endoy jadian sama Maemunah, sahabat gue sendiri! Dihari itu juga Maemunah dan Endoy minta maaf ke gue lewat BBM. Ya gimana lagi, gue maafin soalnya gue gamau jadi penghalang kebahagiaan mereka berdua. Dan sekarang gue baru sadar betapa busuknya Maemunah. Dia dateng ke gue kalau ada butuhnya, mantan-mantan gue diambil semua sama dia, muka dua. Dan sekarang apa pantes gue masih sahabatan sama dia? atau tinggalin aja? Tolong dijawab ya Bang. Trims.

Dea, via BBM

Solusi: 

Hae, Dea..

Emang nyesek sih kalo sahabat yang udah kita percaya banget, ternyata diem-diem 'nusuk' dari belakang. Ditusuk dari belakang itu sakit lho! Apalagi nusuknya pake gapura. Hem.

Jadi begindang…

Saran gue lo mending jaga jarak dari Maemunah. Karena yang gue tau, sahabat yang baik itu gak akan merebut kebahagiaan sahabatnya sendiri. Gue liat dari kasus lo ini, lo bilang Maemunah  jadian sama mantan lo yang masih lo sayang kan? Tapi lo gak perlu ngebenci dia, cukup jaga jarak aja kayak yang gue bilang. Dan sepenuhnya jangan ngasih kepercayaan berlebih ke dia, atau lebih baik lagi, jangan curhat apapun ke dia. Pelan-pelan lo move on, fokus sama kuliah lo, berteman sewajarnya dalam artian jangan terlalu percaya sama orang, apalagi yang ngakunya 'sahabat'.

Emang butuh waktu untuk bisa move on, ditambah rasa kecewa terhadap sahabat lo sendiri, tapi sekali lagi ini pelajaran buat lo untuk jangan terlalu percaya sama orang, percaya sama diri lo sendiri. Well,

Good Luck!

 ===

Buat kalian yang mau curhat ke gue boleh kirim curhatannya ke
e-mail: masisibal26@gmail.com / masisibal@yahoo.com
ID Line: masisibal  

Leave a Reply

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -