Posted by : Muhammad Iqbhal Rabu, 29 Oktober 2014


Passion adalah sesuatu hal yang sering kita lakukan tapi nggak pernah buat kita bosen. Contoh: passion gue adalah nulis, jadi walaupun gue lakuin berulang-ulang dimana dan kapanpun gue nggak pernah bosen ngelakuinnya.

Sering melakukan hal yang sama setiap hari bisa menjadi faktor membentuk passion. Sebetulnya nggak mudah melakukan hal yang rutin setiap hari, tanpa ada rasa suka terhadap apa yang kita lakuin, kita pun gampang lepas dari kebiasaan itu.

Contohnya kemarin gue yang niat setiap pagi untuk olahraga skipping buat nambah tinggi badan, tapi berjalan satu minggu dan gak ada hasil, badan gue yang nggak nambah tinggi 1 mm pun akhirnya gak gue lanjutin lagi.

Menurut psikolog juga kebiasaan akan terbentuk setelah 21 hari kita melakukan hal itu setiap hari.


Buat gue, menemukan passion itu ada beberapa cara, diantaranya:


Bercermin diri

Ya, selain kita mencari apa yang kita suka, kita harus terlebih dahulu mencari tahu apa bakat yang kita punya. Misal, kita punya bakat menggambar karena melihat hasil gambaran kita sewaktu sekolah dasar yang menurut kita layak buat dikembangkan lagi. Dengan itu kita bisa melakukannya setiap hari.

Setiap orang pasti punya kelebihannya masing-masing kok. Nggak usah ngeluh bilang,
“Duh bang, aku gak punya bakat apa-apa nih.”

Bakat itu sebenernya nomer dua. Nomer satu adalah niat dan usaha. Kalo cuma punya bakat tapi nggak dipergunakan dengan baik bakatnya, sama aja kayak menanam pohon mangga, sampai ukuran tanamannya sudah membesar, tapi tidak pernah berbunga dan berbuah. Nggak akan pernah bisa memunculkan keunikannya sendiri dan memberi manfaat bagi orang banyak.

Jadi, bercerminlah. Lihat dulu hal yang sering kita lakukan tanpa kita sadari hal itu nggak pernah membuat kita bosan, lakukan lagi.

Cintai kebiasaan kita

Setiap hari kita beraktivitas, setiap hari juga kita hampir melakukan hal yang sama dengan yang kemarin, mungkin esok juga. Ng.. tapi apa yakin besok juga? Belum tentu. Jadi buat apa kita melakukan sesuatu tanpa sedikit rasa cinta kepada hal yang kita lakukan. Bisa jadi sesuatu itu membuat kita bisa merasakan bosan dan mengeluh.

Cintai kebiasaanmu seperti kamu mencintai orang yang kamu cintai.

Bersyukur

Nggak ada hal yang paling baik dan mulia di dunia ini selain bersyukur. Semakin sering kamu bersyukur semakin besar kenikmatan yang akan kamu dapatkan. Ya, nggak perlu lagi bingung passion kita itu apa selagi kita masih bisa bersyukur. Tuhan pasti memberikan hal yang baik setelah kita berbuat baik kepada-Nya.


Ramah kepada orang sekitar

Mungkin ini sepele buat orang yang menganggap passion itu datang dari diri sendiri. Buat gue dengan cara membuat orang disekitar kita merasa lebih baik akan kehadiran kita, maka itu bisa jadi faktor pendukung untuk benar-benar kita nyaman akan kebiasaan kita.
Kebayang gak, kita melakukan hal yang kita suka, tapi itu di anggap merugikan orang lain atau merepotkan orang lain? Dijamin, kebiasaan itu bisa benar-benar hilang.

Kadang, kalian suka mikir gak pemulung yang sering atau mungkin pernah kita liat dijalan –berpindah ketempat sampah satu ke tempat sampah lainnya. Lalu apa mereka bosan? Tentu nggak, itu adalah  tuntutan pekerjaan mereka demi untuk membeli makan sehari-hari keluarganya. Tapi apa mereka punya kelebihan? Bersentuhan dengan sampah setiap hari, kuman yang menempel dipakaian dan badannya tapi tidak membuat mereka sakit seperti kita yang hanya menghirup udara kotor saja langsung bersin, pilek, alergi, dll.

rehsos.kemsos.go.id
Contohlah seperti mereka, orang super yang kita anggap kuper. Dibalik kebiasaan yang unik terdapat kelebihan yang lebih dari orang biasa. Temukan passion lo sekarang juga, nggak ada namanya passion pasaran. Karna kita ini semua sama-sama manusia. Kecuali kalian ngalakuin pipis di bawah pohon sambil berdiri dan ngangkat satu kaki. Jangan kayak gitu lah, guk... Hahaha.

Semoga bisa bermanfaat, see you :)

Leave a Reply

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -