Posted by : Muhammad Iqbhal Jumat, 31 Oktober 2014




Kemarin baru aja gue bahagia karena bisa menikmati kota Bandung selama seminggu lebih, walaupun sebagai anak kos-an. Gue bahagia karena bisa ketemu temen sekolah gue waktu SMA. Sebuat aja mereka, Endoy, Entis, dan Ujang. Selama seminggu itu gue abisin waktu gue untuk menulis, dan buat design blog baru(yang dilihat blog gue dari komputer/laptop). Buat kalian yang baru liat blog gue pasti gak akan pernah nyadar dan tau, rasanya tuh kayak udah berjuang nyenengin gebetan tapi dia gak pernah nganggep kita. Sakit.

Oke balik ke topic, awalnya gue sebelum pergi dan menjadi anak kos-an gue udah siap segala apapun yang akan terjadi. Gue makan harus beli diluar/delivery yang tadinya cuma ngesot doang ke dapur, terus lebih sering sendiri tanpa ada perhatian dari orang sekitar, cebok sendiri, makan nyuapin diri sendiri, dan pokoknya banyak deh kebiasaan yang harus dirubah.

Nah, tapi yang paling penting dari itu semua adalah sehat. Coba bayangin anak kos-an terus sakit, apa ada yang peduli? Apa ada yang rela nganterin ke rumah sakit? Nggak. Semua harus kita jaga selama masih sehat. Terus apa cara biar kita gak sakit selama jadi anak kos-an?

Tidur Teratur

Nah ini sih emang perlu dan hal utama, kalau kita sering begadang dan tidur cuma 1 jam sehari pasti peringatan sakit udah level “siaga 4”. Harus bisa diliat juga, saat kita jadi anak kos nggak akan ada lagi orang tua yang ngingetin kita buat tidur dan ngebangunin kita setiap pagi. Semua harus kita lakuin dengan sadar diri.

Tapi emang susah sih kalau jadi anak kos-an buat nggak begadang. Kadang kalau kita punya tugas, kerjaan, atau lagi asyik sesuatu pasti kita lupa soal jadwal tidur. Begadang boleh sekali-kali, tapi harus inget juga kita harus..

Minum Air Putih Yang Banyak

Selama kita menjalankan aktivitas, kita juga harus di imbangi buat sering minum air putih. Cara ini bisa buat kita 50% mencegah penyakit juga. Nggak harus beli minuman kemasan yang mahal dan berasa. Selama sehat masih sederhana dan murah, anak kos-an juga bisa kok buat terus sehat.

Olahraga Setiap Pagi

Waktu gue di Bandung dan jadi anak kos, gue selalu kasih waktu 1 jam dari 24 jam gue buat olahraga. Nggak perlu tempat yang memadai selama kita cuma olahraga pemanasan ditambah push-up, sit-up juga bisa bikin badan kita bugar kok. Dengan catatan kita olahraga harus keluar keringet. Masih ada kok orang yang bilang udah olahraga dan ngos-ngosan tapi gak pernah keluar keringet, sama aja itu bohong. Jadi buat keluarin keringet, kita sama aja ngeluarin racun di dalam tubuh dan terhindar dari penyakit deh

Makan Sayur

Makan teratur 3 kali sehari, tapi cuma sekedar nasi + lauk(ayam/ikan), justru itu malah bukan buat kita sehat, tapi malah kekurangan(nutrisi). Ya, kurang makan makanan berserat (buah dan sayur) bisa buat kerja organ lambung dan usus jadi berat. So, jadi usahain kalian makan sayur sehari sekali buat mencegah penyakit dalam (hati/usus).

Sarapan dan Minum Susu

Sarapan adalah hal penting, tapi masih banyak anak kos-an nggak peduli akan sarapan pagi. Padahal dipagi hari itu perut kosong(walaupun nggak laper) jadi kita harus isi dengan makanan yang berkarbohidrat biar sampai waktu siang kita nggak terganggu buat aktivitas karena kelaperan. Nggak harus makan makanan yang berat kok, kayak nasi dan lauk pauknya. Kita bisa sarapan pake roti, bubur atau susu.

Nah kebetulan ada susu yang mengandung banyak gizi, jadi saat kita minum susu ini sama aja kita makan sayur, telur, dan sereal yang mengandung karbohidrat. Sereal+susu itu adalah Energen.

Energen udah gue konsumsi sejak masih balita. Sampai sekarang Energen ini udah terbukti memberikan gizi yang baik bagi konsumen jadi bisa bertahan lama sampai sepuluh tahun lebih.

Gue suka Energen dengan rasa coklat, nggak cuma coklat. Energen ini juga terdapat banyak rasa lainnya, kayak: Vanilla, kacang hijau, dan jahe.

www.mayora.com

Selain itu, Energen juga mengandung SIGMAVIT: vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, ASAM FOLAT, DAN KALSIUM. Wow.. Banyak banget kan kandungan gizinya?

Cara mengkonsumsinya gampang kok, cuma tinggal seduh pake air panas. Nggak harus dimasak ribet kayak rendang.

Buat kalian, rasa apa nih yang paling disuka dari Energen? :)

Ketawa

Nah, ini adalah point tambahan. Anak kos-an (biasanya) terlihat murung karna mungkin sering sendiri jarang berbagi dan bersosialisasi. Mereka lebih sering mengurung diri dikamar dan tidur sampai jodoh datang mengetuk pintu.

Hiburan itu perlu, dengan cari temen buat ngobrol hal-hal absurd atau jalan keluar bareng itu bisa bikin otak kita fresh, sistem kekebalan tubuh juga bakal naik. Dengan ketawa, kita bisa bahagia, dengan bahagia pasti kita bakal sehat. Aamiin.

In the end, sehat itu nggak harus gengsi. Dengan cara simple, murah, dan dimanapun kita bisa menjaga kesehatan dengan mudah. Intinya, selama kita sehat pasti dapat manfaatnya. Manfaatnya adalah kita bisa bahagia. Kebahagiaan ada dibalik kesehatan. Jadi jaga kebahagian itu dengan kesehatan. Sekian, kalau kalian mau share juga gimana cara buat sehat jadi anak kos, silahkan share di comment box ya. Dadah!

Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Didalam tubuh yang sehat, ada kebahagiaan yang menyelinap.

{ 6 Komentar... read them below or Comment }

  1. Iya, setuju. Aku anak kos, bagiku anak kost yang sehat itu; gak makan mie instant. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo terpaksa ya mau gimana lagi :)))

      Hapus
  2. Di dalem postingannya ada promosi energen terselubung :D
    Design blognya keren euy

    BalasHapus
  3. Inni sih tips sehatnya bukan cuma buat anak kos aja, semua juga :D

    BalasHapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -