Posted by : Muhammad Iqbhal Jumat, 14 November 2014




Pernah gak kalian ngerasa bukan orang yang spesial? Pernah gak kalian ngerasa gak dianggep? Atau pernah gak kalian dianggep gak berguna? Sampah? Gak pantes dilahirkan?

Hidup serasa cuma sekedar ‘numpang’ doang. Tanpa dihiasi simpati, apalagi setitik empati. Setiap orang pasti punya sebuah impian, kebahagiaan, dan juga kehormatannnya sendiri. Entah kenapa banyak orang yang akhirnya mengeluh,”kenapa ini semua nggak adil?!”

Buat gue, kadang kebaikan yang kita buat adalah pilihan yang penuh pengujian. Nggak semua orang dari awal berbuat baik akan langsung dibalas dengan apapun yang baik. Kadang ada ‘benteng penghalang’ menuju pembalasannya itu.

Setiap kita menjadi orang yang jahat juga seperti itu banyak penghalang kebaikan yang bakal menyadarkan kita. Kesenangan akan timbul tergantung apa yang kita lakukan dan Tuhan yang memutuskan.

Saat kita berbuat baik, kesenangan itu bakal hadir di akhir. Saat kita berbuat jahat, pasti langsung mendapatkan kesenangan. Bumi ini berputar, kehidupan pun juga. Nggak selalu merasa sama selamanya. Baik selamanya, atau jahat selamanya.


Buat gue hidup ini punya banyak maksud. Diantaranya:

Kerja keras

Hidup bukan selalu tentang keberuntungan dan takdir. Bukan cuma kemalasan dibalas dengan kemewahan. Tapi hidup juga penuh dengan pembalasan. Selama kita berusaha keras, semua tujuan yang kita maksud akan selalu tercapai, sesuai kebaikan atau kejahatan.

Hidup tentang kerja keras akan dipahami oleh orang dewasa karena kedewasaan adalah tanggung jawab yang besar. Seringkali kita mengeluh akan sesuatu, padahal buat gue saat kita mengeluh lihatlah ke atas untuk bisa lebih tekun, dan lihatlah kebawah supaya kita bersyukur.

Hidup bukan soal keberuntungan melulu, tapi seberapa besar kita bekerja keras. Doraemon aja endingnya bakal ninggalin Nobita~

Cinta

Cinta  bukan cuma sekedar memiliki. Cinta juga bukan soal ke lawan jenis. Cinta itu datang untuk menyemangati kita, dan membuat hidup jadi berwarna.

Jangan munafik soal cinta, karna buat gue cuma orang yang munafik bilang, “Lebay lu, ngomong soal cinta-cintaan terus, nulis cinta-cintaan terus, lembek lu jadi cowok~”

Emang sih dia jomblo, cantik, dan hampir sempurna. Tapi gak beberapa hari setelah itu orang bilang kayak gitu, eh dia punya pacar, mesra-mesraan di sosial media, ngetik sama pacarnya udah bikin gue mau“Harakiri”(bunuh diri asal Jepang, dengan menusukkan pisau ke perutnya sendiri)

Buat hidup ini indah memang harus diciptakan juga cinta, karna yang jahat itu bukan cinta, tapi orang yang mengkambing hitamkan cinta. Kayak diatas.

Udah deh, hidup gak usah juga mikirin tentang cinta. Sebelum cinta sama diri sendiri. Melebihi cinta kepada orang lain daripada diri sendiri itu malah justru buat hidup kita suram dimasa depan. Gue pernah kok ngalamin itu :)

Intinya, supaya kita bisa hidup tanpa rasa kekurangan ya lakuin dengan cinta.


Masalah/ujian

“Hidup ini itu sama kayak sekolah, untuk naik kelas kita harus melewati ujian dulu.” Maksudnya orang hebat adalah orang yang bisa menyelesaikan masalahnya dengan bijak. Dan untuk jadi orang hebat, maka banyak ujian yang bakal dihadapi. Gak perlu liat orang sukses atau besar diluar sana, karna kalian gak pernah tau jalan menuju ke puncak itu mereka udah melewati ujian yang besar. Gak usah nilai orang beruntung, sebelum kita berusaha. Dan juga jangan membandingkan usaha kita dengan kedudukan orang lain.

Masalah itu bukan soal masalah, tapi yang jadi masalah adalah bagaimana kita bisa menghadapi masalah itu sendiri. Allah gak pernah ngasih ujian diluar batas kemampuan hamba-Nya, dan Allah pasti menguji orang beriman dengan kekurangan harta, bencana, dan lain-lain (Al-Qur’an)

Pengalaman/sejarah

Pengalaman nggak harus dari pengalaman diri sendiri, kita harus bisa juga mengambil dan mempelajari pengalaman orang lain, agar kita bisa selalu hidup dengan bahagia. Jangan menunggu masalah itu datang lalu pergi meninggalkan pelajaran. Tapi tanya, cari, dan belajar pengalaman orang lain walaupun itu nggak ada hubungannya dengan diri kita sendiri.

Oh iya, kemarin juga ada orang yang maki-maki gue dengan bilang gue nyampah, suka ngiklan, promosi mulu, “gue gak akan mau peduli tentang promosi apapun dari lo, Bal..” Nggak sedikit kok bilang kayak gitu, gue cuma bermaksud gak mau merepotkan dan merugikan orang lain, kalo gue ngerugiin gue siap tanggung jawab. Gue ngerugiin dengan promosi?Ya, silahkan delcont/block gue dan kalian gak akan bisa ngeliat gue sampah lagi kan? :)))

Tapi pada kenyataannya itu orang emang bener sih nge-block gue, eh dia malah make akun yang lain buat kepo diem-diem, entah itu baca tulisan gue atau quote gue. Dan pas ketemu langsung sama gue, yang promosi mulu malah dia(karna udah jadi SPG), and promosinya maksa lagi. Entahlah dia kualat dengan kata-katanya sendiri dengan bilang tukang promosi dan akhirnya malah... Ya taulah sendiri.

“Allah maha mengetahui apa yang kamu lakukan, Allah nggak pernah tidur, Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan.” Gue selalu nemu kata-kata itu disetiap akhir ayat di Al-Qur’an. Jadi, berhati-hati ya, kawan.

Bersyukur

Entah orang bilang ini perbuatan yang gampang, atau berat. Tapi menurut gue. Bersyukur itu lebih sulit daripada sabar. Karna saat kita berada di atas dengan segala kenikmatan atau apapun yang kita punya, kita bakal sangat berat buat bersyukur. Dengan alasan sibuk atau malas, semua hal untuk buat kita bersyukur pasti jadi berat. Sedangkan saat kita lagi kena masalah, kekuarangn harta, sakit, dan lain-lain malah kita mudah untuk terus selalu berdoa, beribadah dan memohon ke Allah.


Padahal kita udah tau, dengan bersyukur pasti kebutuhan dan kepunyaan kita akan bertambah. Karena bersyukur mengajarkan kita untuk tidak sombong. Dan sombong adalah awal dari kehancuran.

Leave a Reply

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -