Posted by : Muhammad Iqbhal Selasa, 18 November 2014


Sukses. Banyak orang yang berkeinginan untuk sukses. Sukses itu adalah dimana sesuatu yang kita inginkan tercapai. Dan keinginan orang itu berbeda-beda, dan nggak sedikit orang menyembunyikannya keinginan itu. Tau-tau dia anggap dirinya sendiri udah sukses.

Sukses kebanyakan diartikan orang adalah menjadi orang yang memiliki penghasilan tinggi, punya barang yang mahal, usaha yang menjanjikan. Padahal, semua itu bukan termasuk sukses bagi sebagian orang. Orang itu adalah orang yang kreatif, buat mereka sukses adalah membuat orang lain bahagia bahkan bisa membuat orang lain sukses. Ya, sukses mulia bukan cuma memikirkan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Menurut gue, kadang kesuksesan macam itu susah dan dianggap mustahil oleh orang lain. Misal, seorang pelukis, menurut orang banyak melukis itu nggak bisa dijadikan mata pencaharian dan hanya sekedar dianggap hobi. Selain dianggap kegiatannya seperti orang pengangguran, membuang-buang waktu, dan lain-lain. Tapi bekerja sesuai hobi adalah pekerjaan hebat. Nggak perlu memikirkan royalti, sehingga bisa kerja total, nggak terlalu cepat puas yang endingnya gak akan pernah ngeluh atas rutinitas kesehariannya.


Contoh lain adalah gue sendiri. Kadang kalian pernah nggak sih mikir hidup kalian apa pengen ngikutin orang lain dengan hidup cuma makan-minum-buang air-tidur-kerja-berkembang biak-mati. Hidup yang gitu-gitu aja nggak akan buat kita berguna, terkenang, dan contoh baik buat orang lain. Orang hebat adalah orang yang bisa dikenang orang lain dengan karya atau inovasinya.

Bahagia itu bukan cuma melihat diri kita bahagia aja, bahagia yang besar itu datang dari orang lain atas perbuatan/karya kita. So, buat kalian yang memiliki cita-cita mulia adalah orang yang memiliki cita-cita yang berguna untuk orang lain, entah itu menghibur, berkarya, mengobati, memperbaiki, dan lainnya. Dan ada beberapa hal dibawah ini yang menuntun lo mencapai kesuksesan itu. Diantaranya:

Niat dan Tawakal

Untuk mencapai tujuan tertentu kita harus bisa merencanakannya dulu, lalu niatkan. Nggak peduli kalian mau punya kesamaan tujuan dengan orang lain, ikut-ikutan sama orang lain, atau mengambil jalur orang lain. Tapi dengan catatan, jadi diri sendiri. Ya, orang bisa mencontoh orang lain, tapi orang nggak bisa sama persis dengan orang lain. Buat perbedaan yang memang itu ciri khas kita.

Berani Beda

Berani beda adalah 10 langkah tangga kesuksesan. Semakin dekat dengan puncak tangga kesuksesan, semakin terasa kesuksesan itu dalam diri kita. Orang lebih menyukai sesuatu yang unik dan beda, karna itu bisa membuat mereka tidak fokus pada sesuatu yang itu-itu aja. Menjadi beda juga nggak gampang. Caranya adalah kita nggak harus menjadikan satu orang saja sebagai bahan referensi, contoh, atau idola kita. Kita harus berani mencoba karya, pengalaman, dan pelajaran orang lain agar kita bisa membuat ‘nyawa’ didalam ciri khas kita.

Usaha

Kadang kalau udah niat, usaha bukan lagi halangan buat kita terus ingin menuju ke tangga kesuksesan. Percuma kalau kita punya cita-cita tinggi tanpa di real-kan, semua cuma jadi gombalan semu. Toh kalau gagal bukan berarti usahamu berhenti, gagal itu bagaikan check-point untuk terus mendekat sampai garis finish :)

Faktor Luar

Nah ini dia yang mungkin penting, menurut gue. Karna percuma kita punya niat besar, usaha tinggal dijalankan, cuma tinggal restu dilayangkan. Faktor luar penting karena saat kita ingin menjadi orang sukses harus bisa beradaptasi dengan lingkungan. Entah itu restu orang tua, tempat yang nyaman untuk belajar, modal, dan tidak merepotkan maupun merugikan orang lain. Itu semua merupakan satu kesatuan yang membuat kita bisa mencapai apa itu rintangan menuju garis finish.

Berdoa

Sebelum-saat-sesudah harus diselipkan doa, itu bisa dianggap sebagai meminta restu kita kepada Tuhan. Berdoa juga supaya kita nggak terlalu berlebihan terhadap sesuatu, saat jatuh kita bisa menenangkan diri dengan berdoa, saat sudah tercapai kita bisa membatasinya dengan berdoa. Itulah keajaiban berdoa.

Jangan Menunggu

Terus jalani, jangan sampai kita berhenti dengan satu pencapaian. Terus lakuin bagaimana caranya supaya kita bisa bertahan, dan tetap berjuang walaupun telah lama kita lakukan. Saat kita belum berhasil itu bukan sebuah akhir, itu cuma pertanda kalau kita belum cukup tekun. Maka, tekuni terus.

Jangan Berharap Terlalu Lebih

Karna suatu saat Tuhan bisa kapan saja mencopot kebahagiaan atau sesuatu yang telah kita capai.

Bersyukur

Lihatlah orang yang udah sukses diatas sana supaya kita bisa terus semangat mencapai sesuatu yang ingin dicapai. Dan lihatlah orang yang kurang beruntung dibawah sana agar kita bisa membandingkan dengan kehidupan kita, lalu bersyukur.


Sukses itu adalah susuai keinginan diri sendiri, bukan pula mengikuti suruhan orang lain. Sukses adalah orang yang nggak peduli pujian dan caci maki, tetapi terus ikuti kata hati.

{ 4 Komentar... read them below or Comment }

  1. tulisannya keren. ehk, tapi nama kita hampir sama..
    salam kenal yaa. mampir balik ke --katamiqhnur.com--
    dijamin nggak bakalan rugi deeh..

    BalasHapus
  2. jadi inget sebuah quote: "jika kamu nggak bisa jadi yang terbaik, jadilah berbeda."
    tapi ya, dalam menjadi beda itu maksunya kita nggak harus ngelakuin sesuatu yg orang lain nggak lakuin. tetep lakukan sesuai passion, jangan tiru orang lain, maka otomatis kita akan menjadi berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Betul. Berani beda tapi tetep jadi diri sendiri.

      Hapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -