Posted by : Muhammad Iqbhal Minggu, 02 November 2014

Kalau ngomongin sekolah, buat gue, banyak hal yang pengen di share supaya diri kita bisa puas dan introspeksi diri. Dimulai dari hal yang buat kita seneng, jenuh karna tugas, suka sama seseorang, tanggung jawab yang “nggak” terlalu berat, bahkan momen indah yang udah gak bisa kita nikmatin lagi.

Buat gue yang udah lulus sekolah, gue nggak pernah berpikiran untuk kedepannya. Tapi saat gue masih duduk di bangku sekolah, justru gue malah pengen cepet-cepet lulus. Banyak sih alasannya, bukan cuma rutinitas yang membosankan bangun pagi setiap hari, pelajaran yang nggak gue ngerti, senior yang belagu, ketemu mantan, atau bersihin jamban sekolah pake tisu.

Gue lebih pengen mencari passion atau hal yang gue suka. Ya, gue udah pernah cerita kalau gue dulu belum pernah tau cita-cita gue itu pengen jadi apa. Tapi setelah gue lulus, akhirnya jawaban itu datang sendiri, walaupun lama.

Buat kalian yang udah tau tujuan kedepan setelah lulus sekolah, kalian beruntung. Buat gue itu semua nggak dimiliki setiap orang. Terus buat yang tau dan nggak tau ngapain setelah lulus sekolah harus apa?

Nikmatin momen hari ini

Selama kita masih berada di rutinitas, tanggung jawab, dan kebiasaan seperti sekarang, kita harus bisa melakukannya lebih baik lagi. Karna saat kita udah berada di rutinitas kedepannya itu belum tentu senyaman sekarang. Buat ade-ade yang masih sekolah, coba kalian pergunakan jam pelajaran sekolah sebaik-baiknya, bayangkan hal itu nggak akan pernah terjadi lagi esok hari.
Coba kalian tulis keseharian selama disekolah di buku catatan atau blog, jadi buat nanti kalian kangen hal itu, tinggal buka lagi catatan itu. Liat tanggal, jam, dan tempat kalian saat itu. Sialnya gue nggak sempet melakukan hal itu. Sekarang cuma bisa inget sebagian kebiasaan gue waktu sekolah.

Berkeras-keras usaha, bersantai-santai masa depan

Ini merupakan ungkapan yang gue buat sendiri karna buat gue setiap kita ingin sesuatu di masa depan tapi nggak pernah berjuang di awal, bakal berat juga di masa depan. Menunggu dan menunda itu lelah.

Buat yang belum tau bakal apa, gimana, kemana, dan ngapain di masa depan, secara kita menyibukkan diri dan berusaha apa yang jadi tanggung jawab sekarang, In Shaa Allah kita akan menemukan tujuan kita buat kedepannya.

Buat gue gak masalah kok kita menyimpang tanggung jawab saat ini(sekolah) demi hal yang kita suka. Saat kita bergelut dengan pelajaran sekolah(matematika dan pasukannya) kita malah menggambar, bermain game, menulis novel, fokus sepak bola atau basket, itu bisa jadi point penting untuk mengembangkan kemampuan yang kita punya walaupun menyimpangdari sekolah.

Karna nggak sedikit orang sukses disana bertolak belakang atas sekolahnya dulu, mereka lebih melakukan passionnya karena disaat masa depan bisa bekerja sesuai hobi itu merupakan hal yang menyenangkan. Bukannya gue bermaksud untuk mengenyampingkan kewajiban sebagai siswa sekolah, itu juga tetap kewajiban. Tapi, nggak harus maksain buat jadi nomer satu.

Harus punya pilihan ketiga

Buat apa sih kita punya pilihan ketiga? Gini, sebagai contoh kita punya cita-cita buat jadi polisi setelah lulus sekolah, terus kita nggak punya biaya buat ngelajutin ke jenjang pendidikan kepolisian akhirnya kita harus kerja setelah uang terkumpul cukup dan lanjut untuk tes kepolisian tapi pada akhirnya ditolak dan harapan udah nggak ada lagi, kita cuma bisa lanjut bekerja dan membuat harapan baru. Ya dari situ kita harus punya pilihan ketiga.

Mungkin momen sekolah akan terasa bahagia setelah kita sadar perhatian orang tua jadi berkurang. Bukannya karna kita bukan anak kecil lagi, tapi mereka sengaja melakukannya demi membuat kita jadi lebih mandiri. Siap menghadapi dunia, siap untuk bekerja mencari uang untuk makan sendiri, dan jodoh sendiri tentunya.


In the end, mau apapun harapan kalian setelah lulus sekolah, jangan kaget kalau ternyata itu lebih berat dari masa sekolah yang selalu kita anggap berat. 
Kadang sesuatu hal yang nggak kita sukai atau benci bisa membuat kita rindu suatu saat nanti. 

{ 4 Komentar... read them below or Comment }

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -