Posted by : Muhammad Iqbhal Rabu, 31 Desember 2014


Kalo dibayangin, udah nggak kerasa sampai di penghujung tahun. Banyak hal yang udah kita lakuin di babak tahun 2014 ini. Senang, sedih, bosan, kesal, marah dan lainnya. Tapi semua kita lalui sampai selamat sampai saat ini karna dituntun oleh kebaikan. 

Banyak orang yang datang dan pergi, banyak pelajaran dari hidup yang udah kita dapet dari orang lain atau pengalaman pribadi. Hal yang kita impikan di sesi tahun sebelumnya ada yang sudah tercapai, ada juga yang belum. Belum loh, bukan nggak bisa.

Banyak orang yang membenci, suka, bahkan nggak pernah menganggap kita ada. Bertambah tahun atau usia itu bukan pengaruh kita buat hidup menjadi lebih baik, tapi tetap terus berbuat baik itu yang akan terus menuntun hidup kita naik kelas.

Disini gue mau nyampein kesimpulan gue di tahun 2014 supaya orang lain juga bisa ambil pelajarannya. Diantaranya: 

1. Berani Beda

Udah dua tahun gue nggak kuliah dari temen-temen gue yang lain. Temen gue yang tadinya sama kayak gue, kini dia lebih memilih kuliah ketimbang ikut kemauan sendiri. Tuntutan gengsi emang bikin kita nggak percaya diri. Tapi saat kita mau melawan kebiasaan yang mainstream dengan ikuti kata hati, itu bakal nggak membuat kita tertekan, bosan, maupun tunduk karna terpaksa patuh.

Yang menentukan hidup kita kan diri sendiri, bukan orang lain. Ada wejangan dari orang tua, “Hidup kalo cuma skedar hidup, padi di sawah juga hidup. Kerja kalo cuma sekedar kerja, kerbau di sawah juga kerja.” Hal yang membedakan kita dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah dengan berkarya.

Udah 2 tahun ini juga gue lagi buat buku, dan belum selesai juga. Entah kenapa keadaan jadi benteng penghalang buat gue. Blog gue udah berumur satu tahun, jomblo apalagi. Kadang kita berkarya emang harus bisa nyatu sama keadaan.


2. Banyak Jalan Lain Menuju 'Roma'

Kesempatan kedua emang paling jarang datang pada setiap orang. Tapi, berusaha menjadi lebih baik lagi itu jauh luar biasa. Kalo emang kita kehilangan sesuatu jangan pernah dia nggak ada penggantinya lagi Tuhan nggak menciptakan kebahagian dalam satu orang, satu tempat, satu pekerjaan, ataupun kebiasaan, tapi Dia menciptakan banyak pengganti yang lebih baik. Ada Indah Di Setiap Pindah.

3. Terlalu Berharap. Berharap Gagal.

Kadang hal indah itu kalo dibayangin bisa jadi hal yang sederhana untuk bahagia. Tapi terlalu berharap malah buat kita sakit pada akhirnya. Gue pernah berharap sesuatu yang terlalu tinggi, tapi pada akhirnya harapan itu cuma tinggal harap. 

Lebih baik berharap gagal, saat terwujud kita udah siap. Sampai pada akhirnya kalo kita berhasil pada akhirnya kita jauh lebih senang.

Banyak hal yang udah terjadi di tahun ini, banyak kejadian yang nggak pernah terpikirkan maupun sesuai harapan yang udah gue bayangin. Tapi gue nggak pernah menyesal, karena gue nggak pernah berhenti berbuat baik.


"Tetaplah berbuat baik, selama ada orang yang nggak baik sama kita."


Di tahun baru nanti, gue nggak pernah berharap apa-apa, tapi gue malah pengen berbuat baik apa adanya. Karena kebaikan akan menghasilkan yang terbaik.

{ 4 Komentar... read them below or Comment }

  1. Kirain gue nih Blog udah Mati. Ternyata masih idup :)

    azizkerenbanget.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan nggak pernah mati, kecuali internetnya mati :))

      Hapus
  2. Ini bikin gua semangat lagi buat hidup lebih baik. Nice :)

    BalasHapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -