Posted by : Muhammad Iqbhal Sabtu, 06 Desember 2014




Kembali lagi di sesi pojok curhat, banyak yang udah curhat sama gue di email(masisibal26@gmail.com), Line(ID:masisibal), twitter(@masisibal) dan masih banyak lagi. Dan sekarang udah gue rangkum dan pilih curhatan buat di share disini. so.. Cekidot~

Halo bang, to the point aja yah, pacar gue ini suka ngomongin mantannya di 'depan' gue, dia juga suka chat sama mantan tersayangnya. 

Waktu itu aja gue liat chat BBM sama mantannya dia bilang gini nih "si R**a udah tau aku masih sayang kamu loh" *sedih*

Terus dia tuh suka ceplas-ceplos ngomongin mantannya itu tanpa dia nyadar kalo gue itu bete.

Tolong solusinya ya bang :'(

Rika, via e-mail

Solusi: 


Hae, Rika..

Emh, rumit juga nih ya kondisi hati lo kalo pacar lo suka ngomongin mantan gitu. Walaupun udah sebatas mantan, tapi pasti gak enak di denger kan?


Emang pacar lo ngomonginnya gimana? Nyeritain mantannya pernah jogging sambil gendong galon air? Atau nyeritain hal-hal yang nyenengin tentang kenangan mereka berdua?


Jadi gini, sebenernya nyeritain mantan itu gak salah kok. Itu termasuk bukti kalo dia udah mau terbuka tentang masa lalu dan supaya lo sendiri paham gimana pacar lo sebelum pacaran sama lo. Tapi juga harus tau batasannya, kalo pacar lo masih suka kontek-kontekan apalagi kayak yang lo ceritain, itu gak wajar. 


Menurut gue, mungkin emang pacar lo ini masih belum sepenuhnya move on dari masa lalunya. Buktinya adalah dia masih suka kontek-kontekan dan nyeritain kenangannya tanpa batasan. Nah, disini kesabaran dan ke-ikhlas-an lo bener-bener diuji.



Kalo lo bener-bener sayang sama pacar lo, lo harus sabar dengan semua tingkah laku dia. Coba lo kasih masukan atau ngobrol-ngobrol dikit sama dia, bilang kalo suruh kurang-kurangin bahas masa lalu. Bilang aja lo jealous, alasan lo cemburu karena lo bener-bener sayang sama pacar lo itu. :)

***

Gini bang, gue bingung mau ikut kemauan orang tua gue buat kuliah di jurusan Pariwisata apa enggak? padahal gue sekarang udah kerja di Travel tour operation departement gue berfikir kenapa gue harus ngulang pelajaran yang udah gue tekunin di kerjaan gue pasti gue jenuh banget mata kuliah yang itu itu aja, tapi di samping itu gue harus nurut perkataan ortu gue buat kuliah bagaimana pun gue bisa kaya gini karena ortu gue. dan alhasil gue udah diterima di Akademi Pariwisata tapi gue mundur satu semester buat berfikir lanjut apa enggak pasti ortu gue bener kecewa, tapi mau gimana lagi gue gak bisa jalanin dua2 nya karena masalah waktu pulang kerja jam 6 sore masuk kelas jam setengah 7 sore padahal jarak kantor dan kampus itu jauh banget. So, apa yang harus gue lakuin. kuliah atau kerja?

Farah, via e-mail

Solusi:


Hae, Farah..

Kuliah atau kerja?

Wah, lo cewek idaman banget ya. Masih umur segitu dan udah mapan untuk diri lo sendiri.

Jadi gini.. Gue punya masukan dan sedikit solusi buat mecahin masalah lo ini. Kuliah, mau gimana pun dan derajat apa pun lo lulus kuliah, ujung-ujungnya buat apa? Cari kerjaan kan? Makin tinggi pangkat lo, makin mapan kerjaan yang lo dapetin. Nah, kalo lo udah punya kerjaan, dan lo masih dipaksa buat kuliah, itu kacau. Lo bakal gak bisa ngatur konsentrasi dan waktu lo buat keduanya secara langsung. Lo harus pilih salah satu.

Kalo lo milih kerja, lo juga harus yakinin orang tau lo kalo lo tuh udah cukup dengan jenjang pendidikan dan pengen serius untuk fokus ke bidang pekerjaan. Karena orang yang mapan dalam dunia perkuliahan pun belum tentu ketika lulus dapet pekerjaan kok. Nah, disitu lo harus bener-bener bisa ngeyakinin ortu lo dan pastikan kepada mereka kalo lo udah cukup mapan dengan jenjang pendidikan lo yang sekarang, tanpa harus bersusah payah membuang uang untuk melanjutkan pendidikan.


Well, tentuin pilihan lo sendiri, karena ini masalah hati dan masa depan lo kelak. ;)

***

Gini bang, jadi pacar saya itu pas lebaran kemaren dia ke villa sama temen sekelasnya, ehh pas di villa itu dia gak taunya malah deket ama mantannya, foto bedua lagi, mesra banget. Mantannya itu emang satu kelas sama dia..
Saya mau minta putus, tapi dia gak mau, dia udah minta maaf tapi saya terlanjur sakit hati. Jadi gue harus gimana bang? Galau nih.


Fikri, via BBM


Solusi:



Hae, Fikri..

Aduh duh duh.. Pahit ya? Padahal cuma masalah foto berdua sama mantan. Sepele tapi pedih dimata.


Gue ngerti kok apa yang lo rasain, misalnya gue jadi elo pun pasti gue langsung ngunyah ujung kusen. Selain gak enak dilihat, pasti pikiran bakal kacau kemana-mana ngeliat pacar foto berdua sama mantan.


Well, jadi gini..


Lo jangan terlalu kebawa emosi dulu deh, coba lo cari tahu kenapa dia sampai hati foto berdua sama mantannya dan sampe lo ngeliat dengan mata kepala lo sendiri. Dia dipaksa mantannya foto bareng? Atau cewek lo emang mau foto berdua itung-itung seneng-seneng doang cuma sebatas temen sekelas? 


Lo harus bisa ngontrol emosi lo. Selagi mereka gak ngapa-ngapain, cuma foto bareng terus abis itu gak kontek-kontekan lagi sih menurut gue gak masalah.



Itu foto mereka mending lo minta suruh dihapus aja kalo semisal cewek lo bener-bener minta maaf. Nah. Kalo udah dihapus, lo juga gak boleh ngungkit-ngungkit lagi masalah itu. Emang gak pantes juga sih, jalan-jalan bawa oleh-oleh kayak gitu. Disitu lo emang bener-bener di uji kedewasaan lo dalam ngadepin masalah sepele kayak gini. Kontrol emosi lo, dan semoga saran gue cukup ngebantu lo buat keluar dari masalah ini.

***

Ka aku mau nanya dong. Jdi gini critanya. Aku knal org , dri sosmed. Awalnya emng biaaasa aja. Sering sms dan tlfn . pokonya gue seneng bgt kl sm dia. Tiba suatu saat dia nembak gw. Dsitu posisinya kita blm pernah ktmu dan makanya gw bngung hrus jwb apa. Dsaat itujuga dia ngaku ke gue kl slama ini dia bhong mslah kerjaan dan khidupannya. Ngeenes emng wktu tau itu , dan dia bilng" gue gkuat lama lama bhong sm lu. Krna gue suka sm lu makanyangue jujur" pertama kalinya itulah dia bhng tp gue maafin. Udh 3 x dia nmbak gua dan udh berkali kali jg dia bhng sm gua. Gua gkngrti mkst dia tuh apa. Gue ya slalu dbkin nangis . serba salah jatohnya jd kaya hts gtu. Dan tibalah suatu saat kita akhirny bs ktmuan. Gue gkngrti knapa ya smnjak ktmu dia brubah. Dia jarang nyariin gue lgi. Biasanya 5 mnit gk bls jga gue tuh udh dicariin. Sampe gue nangis sesenggukan dia malah bilang" ada apaaasi tlfn. Kl gada yg pnting mnding gaush ngabisin puls! a aja." gt ktnya. Gue udh capek gkngrti hrs gmn. Akhirnya pasrah gue diemin aja tu. Gue diemin dia malah nyari gua. Tp skalinya bls 5 jm skali. Bgtu trs dan akhirnya sampe skrg kita gk kontekan lg. Mnurut lo sbnrnya dia tuh knapa si?

Riri, via e-mail


Solusi:


Hae Riri

Sadar atau tidak, saat kita berhubungan dengan orang yang belum pernah kita temui itu biasanya yang terjadi adalah kita merasa nyaman dengan sosok imajiner ciptaan kita sendiri. Kenapa? Karena kita belum melihat wujud fisik orang itu. Jadinya otak kita menciptakan sosok imajiner agar kita bisa merasa dia benar-benar ada.

Nah, kelemahannya adalah, kadang secara tidak sadar kita menciptakan sosok imajiner tentang orang yang sempurna di mata kita. Sosok yang tercipta dari kriteria-kriteria yang kita mau. Sedangkan orang yang ada di seberang sana itu cuma media. Sebagai orang yang akan menghidupkan sosok imajiner ini sehingga bisa diajak ngobrol dan bercanda. Dengan fakta yang kayak gitu, kelak saat lo ketemu dengan orang (nyata) itu, sosok imajiner ini bakal terbunuh oleh realita. Nah, resikonya ada 2:

-Lo bisa move on dari sosok imajiner ini dan menyukai orang yang nyata itu.
-Lo ilfeel sama orang yang nyata karena tidak seindah sosok imajiner ciptaan lo. (misal: ternyata dia ngileran)

Bitter but it’s true, masih ada rasa penasaran yang menjadi alasan lo merasa tertarik sama dia. Nah, rasa penasaran itu bisa berubah menjadi cinta atau hambar, semua itu bisa terjawab setelah kalian ketemu di dunia nyata. Semoga mencerahkan :)

***

Gini Bang, kemarin aku putus sama pacarku, tapi dia yang mutusin. Karna kesalahanku sih, cuma sepele. Tapi dia masih ngasih kesempatan lagi dan nangis nangis didepan aku. Aku harus gimana bang? Beneran gak sih dia sayang sama aku?

Rena, via Line

Solusi:


Hae Rena..

Cowok lo nangis pengen balikan sama lo? Hihihi..


Nangisnya gimana nih? Gesot-gesotan? Nangis sambil mainan rebana?


Well, jadi gini, Ren..


Menurut gue, itu cowok nangis karena bentuk luapan emosional dan rasa penyesalan karena dia abis mutusin orang yang salah. Mungkin juga alasan terberat kenapa dia nangis adalah karena dia memilih status Jomblo dan meninggalkan orang terbaik. Disitu lah bentuk rasa penyesalannya membuncah sehingga menciptakan bulir-bulir air matanya yang mengucur deras.



Lo harus bisa buka hati buka pikiran, kalo lo emang masih sayang sama cowok lo itu dan lo yakin kalo tangisan dia ikhlas, kasih dia perjanjian hati. Semua masalah itu harusnya diperbaiki, bukan malah diakhiri. Dan menurut gue untuk urusan penyesalan, kalo cowok udah sampai nangis didepan wanita yang dia sayang, berarti emang rasa sayangnya gak main-main.
***

sekelas, dulu deket. Tapi semenjak aku salting karna aku naksir dia, aku ngasih jarak sama dia. Terus aku udah berusaha buat nunjukin kalo aku suka sama dia, aku tunggu, tunggu. Eh nggak berasa udah hampir 1 tahun. :(

Dinda, via e-mail

Solusi:


Hae Dinda
..

Aduh.. duh, kok bisa gitu betah nunggu sampai setahun lamanya?


Lo bener-bener sosok wanita yang setia, tak peduli apapun keadaannya, yang penting ikut kemauan hati. Wih!


Emm, tapi..


Menurut gue lo buang-buang umur banget deh kalo dalam setahun cuma buat nunggu hal kayak gitu. Emang diluar sana gak ada cowok lain yang ‘klop’ sama lo dalam setahun itu?


Wajar juga sih kalo lo susah lepas dari dia. Sekelas, enam hari dalam seminggu lo bisa terus-terusan ketemu sama dia. Nah, disitulah titik kelemahan lo. Dalam setahun kalo di gambarkan dengan PDKT, harusnya kalian bisa bener-bener deket udah kayak orang pacaran kalo sama-sama saling suka. Tapi kalo tuh cowok emang dari awal gak ada feel sama lo, buat apa lo perjuangin diri buat nunggu segitu lamanya?



Dan saran gue, mending lo mundur teratur deh. Setahun bukan waktu yang singkat. Jangan sampai lo buang-buang umur lo buat nunggu sesuatu yang gak pasti. Coba deh lo melek, diluar sana masih banyak lawan jenis yang ‘welcome’ sama bakat setia lo. :)

Leave a Reply

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -