Posted by : Muhammad Iqbhal Minggu, 10 Januari 2016



Pernah gak lu mau pergi ke suatu tempat/kota/daerah/planet terus ada temen atau sodara lo nyeletuk gini, “Mas, nanti minta oleh-olehnya ya. Awas loh kalo nggak dibeliin.. gue kutuk lu jadi jomblo setiap hari Valentine.”

Kan kampret.

Memang sih budaya kita kebiasaan dengan membeli oleh-oleh ketika kita pergi keluar kota. Entah itu keluar kota karena pekerjaan, piknik, study tour, numpang pipis, nyari gebetan, pasti diwajibkan untuk beli oleh-oleh. Katanya sih sebagai bukti kita abis dari tempat/daerah tersebut. Misalnya gue tinggal di Bogor, dan gue pergi ke Semarang, pasti di Semarang itu gue harus membeli sesuatu khas daerah sana atau bisa disebut juga oleh-oleh. Entah itu makanan, minuman, pakaian, accessories, kerajinan tangan, jodoh dan lain-lain.

Nah ketika gue ke Semarang, disana gue harus membeli oleh-oleh, yaitu gue memutuskan untuk beli Brem. Tau kan Brem? Bukan. Bukan beli kenalpot motor yang bunyinya “Brem~”. Brem itu sejenis makanan asli Jawa Tengah, yang berasal dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan. Itu sih cerita asli waktu gue kecil yang diajak ke Semarang.  Nah itu contoh ketika pergi keluar kota, yaitu ke Semarang, coba kalo ke daerah lain, kayak Bali yang sebagian besar membeli oleh-oleh baju bertuliskan “Bali”, misalnya lagi lu ke Palembang yang sebagian besar oleh-oleh yang dibawanya adalah pempek. Ke Papua bawa oleh-oleh bambu runcing buat ngelempar kearah pacar barunya gebetan pas lagi mesra-mesraan, dan ketika lo pergi ke Bulan, lo bawa oleh-oleh batu meteor disana.

Dan, maksud dari membeli oleh-oleh juga adalah sebagai ‘pengingat’ orang/saudara dirumah. Coba deh tanya sebagian orang yang beli oleh-oleh, gue sendiri juga sih gitu. Ketika di suatu tempat membeli oleh-oleh adalah ketika otak ini mengingat orang/saudara/keluarga dirumah atau kampung halaman. Bahkan karena gue saking ngingetnya berlebihan kadang gue suka bawain oleh-oleh nyamuk dari daerah yang gue datengin buat gue kasih cicak dirumah. Gokil gak tuh.

Sekian penjelasan sedikit tentang oleh-oleh. Nah, sekarang gue mau jelasin tentang oleh-oleh di daerah yang menjadi tempat favorit wisatawan dari seluruh pelosok negeri. Bogor. Siapa sih yang nggak kenal Bogor? Kota yang terkenal sebagai kota hujan, seribu angkot, dan cabe-cabeannya. Yang terakhir nggak.

Dan kenapa juga sih orang-orang pada pergi ke Bogor? Buat orang-orang metropolitan kayak Jakarta dan sekitarnya pergi ke Bogor itu untuk menghilangkan penat karena suasana ibukota yang padat, macet, polusi, dan lain-lain. Nah di Bogor ini punya tempat kayak Kebun Raya Bogor yang isinya pohon-pohon gede berbagai macam spesies. Enaknya? Buat ngadem mah juaranya. Selanjutnya adalah puncak, dataran tinggi yang suhu udaranya sejuk dan pemandangan udah mirip dikit kayak di surga. Lumayan buat cuci mata dari pemandangan gedung-gedung yang padat di ibukota. Curug, waini yang pengin tau hulu dari sungai Ciliwung yang menyebabkan Jakarta terendam banjir mulu. Para wisatawan pergi kecurug dimana bisa dekat dengan gebetan alam. Banyak orang yang basah-basahan disana(baca:berenang/nyebur) karena memang banyak mata air, sungai yang masih bersih, dan air terjun, serta para bidadari kahyangan yang lagi mandi. Uwuw~

Nah itu sebagian tempat yang paling banyak pake banget didatengin para wisatawan. Sebenernya masih banyak lagi, kayak Taman Buah Mekarsari Cisarua, Taman Safari, The Jungle, Jungleland, Situ Gede, dan rumah mantan. Hiks.

Nah, ketika selesai berlibur atau pengin meninggalkan kota Bogor para wisatawan sering membeli oleh-oleh makanan seperti dibawah ini. Bukan sering lagi, bahkan udah jadi favoritnya. Apa aja tuh? Cekidot~

1. Roti Unyil “Venus”


Atau bisa disebut dengan roti yang ukurannya kecil. Harganya 1500/pcs, banyak pilihan rasa, tempatnya ada di Komplek V Point No. 1 Jl. Pajajaran Bogor. Harganya terjangkau, letaknya strategis, dan enaknya kebangetan buat dijadikan oleh-oleh. Ibarat,”Lo belum ke Bogor, kalo belum nyobain/bawa oleh-oleh Roti Unyil Venus!”
2. Asinan


Asinan Bogor juga bukan sembarangan oleh-oleh, rasa dan pedasnya juga punya keunikan yang bedadari yang lain. Yang suka pedes, wah kudu wajib beli Asinan Bogor.

3. Talas Bogor


Buah talas juga jadi primadona dari Kota Hujan tersendiri. Orang tua gue juga sering beli Talas ketika mau pergi kerumah sodara yang ada diluar kota. Katanya sih talas di Bogor terbilang kualitasnya bagus.

4. Lapis Bogor Sangkuriang


Kue yang saat ini lagi trend, dan banyak yang coba buat kue jenis yang sama ini. Cuma yang paling beda dan enak ya merk "Lapis Bogor Sangkuriang". Dibuat dari bahan dasar Talas, kue satu ini kreatif karena mengadopsi ciri khas makanan Bogor sendiri, yaitu talas. Banyak pilihan rasanya juga loh.

5. Roti Muli


Yang terakhir itu Roti Muli, softcake yang berbentuk pisang dan didalamnya terdapat cream vanilla yang membuat nagih ini cukup banyak dibeli juga. Awal gue rasain Roti Muli itu selain oleh-oleh, bisa juga buat cemilan sehat. Bahan-bahannya memang terjamin kesehatannya. Tapi, perlu diingat, karena di dalam roti muli ini adalah cream, jadi kue ini harus dimasukkan di lemari pendingin agar awet dan tahan lama “nggak cukup sekali”-nya.


Kalian juga bisa beli Roti Muli disetiap outlet Lapis Bogor Sangkuriang. Atau kalo penasaran, bisa pesan di nomer telp(0251) 8311117. Atau kalau mau kepoin tempat produksinya, kalian bisa datang setiap hariSenin – Sabtu di jam 14:00 – selesai di Jalan Bogor Baru, Komplek Bogor Baru Taman, Blok B-XI No. 23, Bogor Baru. Bisa beli di tempat produksinya juga loh~

Nah, itu tadi oleh-oleh khas Bogor yang terfavorit.Kalo ke Bogor nanti, kalian mau beli yang mana? Atau semuanya? Tenang, gue nulis buat kalian nyari tempatnya nanti nggak susah kok. Kalo ada oleh-oleh yang enak kenapa harus yang ribet?Dateng aja ke Bogor. Lalu rasain nikmatnya keindahan kota Bogor, dan beli oleh-olehnya yes.

Sekian, selamat datang di Kota Bogor :)

{ 3 Komentar... read them below or Comment }

  1. Sayangnya roti muli ganti box, jadi kurang suka sekarang. Adik saya yang kecil kalo mau beli roti muli cuma mau pengennya box yang ada gambar monyetnya. Sayangnya sekarang udah ga ada :'(

    BalasHapus
  2. Paling suka sih roti unyil. Kadang suka beli banyak banget kalo abis dari Bogor. Sekarang ditambah lapis bogor.

    Dan saya suka beli roti muli juga. Enak untuk ngemil. Tapi sayangnya kardusnya sudah beda. Jadi kurang sreg. Bagusan kardus yang dulu yg ada gambar monyetnya. Betul kata almira.

    BalasHapus
  3. uah nyoba semua kecuali roti muli, kalo mampir ke bogor beli deh

    BalasHapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -