Posted by : Muhammad Iqbhal Jumat, 26 Februari 2016



Buat gue, mantan itu ibarat siraru. Mengganggu. Dan itu selalu terjadi ketika kita udah menemukan atau sedang nyaman dengan yang baru. Buat gue nggak masalah tentang mantan yang menghubungi lagi. IMHO, orang yang benci sampai menghapus pesan dari mantan ketika dia menghubungi adalah tanda dari sebenarnya dia belum move on.

Gue juga dulu pernah tergoda soal mantan yang datang lagi disaat gue udah punya pacar. Udah gitu gue malah berlanjut chatting ke tahap yang bisa dibilang ‘saling perhatian’. Gue mencuekkan pacar gue, lalu lebih memilih membalas chatting mantan dan ketemuan. Gue paham saat itu memang salah. Dan walaupun dalam keadaan lagi berantem atau adem-ayem sama pacar, bukan jaminan kita bisa tergoda atau nggak. Yang namanya masa lalu adalah ujian sebenarnya didalam hubungan. Menerima masa lalunya bukan cukup menerima jika masa lalunya tiba-tiba kembali.

Kemarin, ada temen gue yang sampai gagal nikah karena salah satu pasangan kedatangan sosok masa lalunya. Sedih sih, dan nggak mudah menganggap remeh. Seberapa besar cinta kita terhadap sesuatu, mungkin masih bisa kalah dengan masa lalu.

Disini gue bakal bahas tentang bagaimana cara menghindari gangguan mantan. Dan semua disini juga berasal dari pengalaman gue pribadi. Nggak pernah gue memaksa untuk harus melakukan hal yang sama. Gue cuma berbagi, bukan menjadi sebuah patokan. Karena pendapat dan cara orang menghadapinya pasti berbeda-beda dengan keadaan yang sedang dialami. Buat gue, banyak juga kenangan yang nggak pernah gue tau tentang mantan setiap orang, sifat mereka, dan apa tujuan mereka untuk masuk lagi ke kehidupan kita. Karena kita ini manusia yang pasti akan selalu berubah kapan pun.

1. Cuek

Cuek adalah salah sifat yang bakal membuat orang lain untuk ‘males’ atau menolak lanjut. Walaupun mungkin nanti masih berlanjut, selama kita cuek, dia semakin sedikit-demi-sedikit untuk mikir. Untuk apa berlanjut pada orang yang memang nggak pengin sama kita. Sia-sia. Buang-buang waktu. Cinta itu harus satu paket. Mencintai dan dicintai.

2. Jangan terlalu berharap

Walaupun kita masih punya rasa sama masa lalu, kita respon dengan seadanya dan yang memang dibutuhkannya aja. Jangan pernah Ge’er ketika dia ngehubungin kamu. Dia masih berharap sama kamu? Dengan kebaikan itu kamu bilang harapan?

Jangan pernah menilai suatu kebaikan itu harapan. Sebenernya, disitulah kelemahan kita. Nggak ada satu hal didunia ini yang akan terjadi kalau kita nggak berharap. Tapi, selama kita terus berharap dan menilai sesuatu adalah harapan, mungkin kita akan mudah terjatuh.

3. Jangan baper

Kata orang, ketika semuanya dibawa-bawa perasaan. Hasilnya nggak akan maksimal. Manusia memang punya perasaan, tapi kita juga punya nafsu. Kejam juga boleh loh, kalo lembek terus kapan kita jadi makhluk yang bisa naik kelas. Kejam disini bukan maksudnya motong leher orang pake samurai. Kejam disini adalah yang berani melawan perasaan demi realita dan kemauan kita. 

4. Berani bilang “Nggak”

Nah disini nih, cowok maupun cewek merasa nggak enak hati kalo nolak. Alesannya kasian lah, pret. Nggak ada ketulusan dibalik rasa kasian. Tapi, banyak “trik” didalam tanda kasian.

Intinya sih gitu, buat menolak mantan yang ngeganggu hidup sih nggak perlu repot-repot  buat ngasih dia undangan pernikahan kita. Astagfirullah, kejam sekali. Gue pernah kok ngerasain dikasih undangan pernikahan mantan gitu. Sakit. Nggak boleh.

So, masa lalu itu akan selalu ada dan hadir disaat kita memulai hidup dengan bahagia. Atau bersama orang lain yang membuat kita nyaman dengannya. Jangan pernah kalah membangun masa depan cerah oleh kehadiran masa lalu. Tidak pernah menemukan lagi seseorang, bukan berarti beralih kepada masa lalu. Cinta itu nggak semudah itu datang, dan cinta juga belum tentu masih ada dimasa lalu.

Jangan pernah terjebak yah. Cuekin aja. Balas masa lalu yang indah itu dengan kesuksesan dan kebahagiaan. Semakin kita sukses dan terlihat bahagia, masa lalu akan iri. Dan mencoba datang kembali :)

{ 6 Komentar... read them below or Comment }

  1. Cuek sama mantan itu susah, apalagi kalo masih sayang. Menguras hati banget pastinya. Tapi kita tetap harus move on. Btw, berhubungan lagi sama mantan pas udah punya pacar baru itu fatal banget ya. HEHE. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengikhlaskan dia dengan yang lain adalah move on terindah.
      Intinya mah saling sepakat aja udah nggak bisa saling bersama lagi. Mau hati ngelawan juga, yang fatal itu sebenernya adalah berjuang sendiri.

      Hapus
  2. Sebetulnya mantan jangan dicuekin juga. Biar bagaimana dia pernah mengisi hati kita. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang punya cara berbeda memperlakukan mantan. Tapi, yang baik adalah yang udah lunasin semua hutang selama jadian. Sip.

      Hapus
  3. Serbaha salah dicuekin ntar dibilang sombong, dikasih perhatian takutnya baper :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang serba salah itu memang datang dari luar. Yang bener cuma dari hati. Pilihan hati ya pilihan yang tepat. Setiap pilihan harus siap dengan apapun, kalau nggak? ya situ yang lemah, bukannya pilihan yang salah. Selamat malam. *clink*

      Hapus

Mohon beri komentar yang baik dan sopan. Semua komentar kalian pasti gue baca dan balas. Terima kasih sudah menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya kalian untuk membaca postingan ini. Semoga tulisan gue ini berguna.

- Copyright © Muhammad Iqbhal - masisibal - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -